Sedekah Laut, Tradisi dan Ritual yang Digadang-gadang Serap Wisatawan Datang ke Cilacap

Sedekah Laut, Tradisi dan Ritual yang Digadang-gadang Serap Wisatawan Datang ke Cilacap

Kepala Disparpora Cilacap, Paiman saat diwawancarai-Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tradisi Sedekah Laut merupakan tradisi dan ritual yang rutin diselenggarakan setiap tahun di Cilacap. Tahun ini, Sedekah Laut Cilacap akan diselenggarakan Jumat Kliwon (28 Juli 2023).

Pemkab Cilacap melalui Disparpora Cilacap menargetkan, pagelaran tradisi tersebut bisa meningkatkan kegiatan pariwisata di Kabupaten Cilacap. Tentunya dengan menyerap wisatawan ke Cilacap lebih banyak lagi.

Kepala Disparpora Cilacap, paiman mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan dengan sejumlah kelompok nelayan dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap. 

BACA JUGA:24 Keluarga Korban Tanah Bergerak Boyongan Tempati Huntara di Karanggintung

"Intinya acara Sedekah Laut ini akan melakukan tradisi dan ritual seperti tahun lalu," katanya, Rabu (12 Juli 2023). 

Rangkaian ritual tersebut meliputi tirakatan, tasyakuran, dan puncaknya ada kirab serta larungan jolen berisi sesaji. Sedang jalur arak-arakan yaitu Pendopo Wijayakusuma - Jalan Ahmad Yani - Letjend Sutoyo - Brug Menceng - THR Teluk Penyu Cilacap.

"Ada 11 Jolen yang akan diturunkan. Kelompok nelayan sudah siap melaksanakan kegiatan ini. Karena sebagaimana tradisi masyarakat nelayan Cilacap untuk melaksanakan Sedekah Laut di tahun ini," ujar Paiman. 

Paiman menyebutkan, dalam gelaran tradisi Sedekah Laut ini, akan ada 1.000 orang yang terlibat. Mereka merupakan masyarakat Cilacap, nelayan, dan seluruh unsur lainnya. Selain itu, juga akan menunjukkan keberagaman kesenian tradisional di Cilacap. 

BACA JUGA:47 Rumah di Patimuan dapat Bantuan RTLH

"Kegiatan seni pertunjukan wayang kulit, masing-masing kelompok kita bisa menonton wayang di beberapa tempat. Nanti kita ada drumband dari Akademi Maritim Nasional (AMN), ini membuktikan kekuatan maritim di Cilacap. Dan akan ada kereta kencana, ini bagian dari nilai kesakralan," jelas Paiman.

Paiman berharap, kegiatan tradisi sedekah laut ini dapat memberikan multiplayer efek bagi dunia pariwisata maupun ekonomi masyarakat Cilacap. Terlebih setiap tahunnya, animo masyarakat untuk melihat sedekah laut selalu tinggi. 

"Semoga akan ada dampaknya. Dengan adanya event-event lain harapan kita ada kenaikan pengunjung terutama tamu yang menginap di hotel lebih tinggi dari hari biasanya," jelas Paiman. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: