21 SD di Kabupaten Banyumas Dapat Bantuan Peralatan TIK Senilai Rp 125 Juta

21 SD di Kabupaten Banyumas Dapat Bantuan Peralatan TIK Senilai Rp 125 Juta

Kepala Seksi Sarana Prasarana Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joni Kopriyanto-AAM JUNI RESTINO/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Tahun 2023 ini sebanyak 21 sekolah dasar di Kabupaten Banyumas, mendapatkan bantuan peralatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Setiap sekolah menerima masing-masing 15 chromebook, 1 konektor, 1 proyektor, dan 1 router. 

"Setiap sekolah menerima bantuan paket TIK senilai Rp 125 juta. Bantuan TIK sendiri kita sudah dapat sejak tahun 2020, untuk mendukung digitalisasi pembelajaran," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui Kepala Seksi Sarana Prasarana Sekolah Dasar Joni Kopriyanto. 

Joni menuturkan, pemilihan sekolah yang menerima bantuan TIK ditentukan oleh pemerintah pusat. Dengan data pokok pendidikan sebagai acuannya. 

BACA JUGA:Rektor UMP Dipinang Jadi Ketua Persibas Banyumas

"Ini sudah di distribusikan semuanya. Yang dapat itu mengacu dari dapodik, kondisi dapodik yang direkam dari kementerian untuk menentukan bantuan," paparnya. 

Terkait pemanfaatan bantuan tersebut ia sampaikan, diserahkan ke sekolah masing-masing. Namun, diutamakan untuk mendukung pembelajaran berbasis digital. 

"Harapan kami bisa dipakai untuk pembelajaran," jelasnya. 

BACA JUGA:Tidak Efektif, Dindik Bakal Evaluasi Pilihan Kedua Tujuan Sekolah

Meski pemanfaatan Chromebook diserahkan ke sekolah masing-masing, pihaknya mengimbau agar chromebook bisa dititipkan apabila dinilai tidak aman disimpan di sekolah. 

"Namun, kami ada kebijakan karena keamanan kalau keamanan rawan silahkan dibawa pulang atau dititipkan kepada guru yang dekat," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: