Rektor UMP Dipinang Jadi Ketua Persibas Banyumas

Rektor UMP Dipinang Jadi Ketua Persibas Banyumas

Pertemuan Pengurus Persibas Banyumas dengan Rektor UMP Jebul Suroso (ketiga dari kanan), di kampus UMP, Senin (3/7/2023).-M. MAHDI SULISTYADI/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pencarian pemimpin baru Persibas Banyumas mengerucut pada satu nama. Satu nama tersebut yakni Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Assoc Prof Dr Jebul Suroso.

Senin (3/7/2023) sore, rombongan pengurus Persibas Banyumas yang dipimpin oleh Sadewo Tri Lastiono mengunjungi kampus UMP dan bertemu dengan rektor UMP. 

"Memang setelah teman-teman dari Persibas Banyumas berdiskusi, ada beberapa kandidat. Lalu mengerucut pada nama Rektor UMP," kata dia.

BACA JUGA:Kepengurusan Berakhir, Persibas Cari Ketua Baru

Maka pada kesempatan tersebut, Sadewo "meminang" rektor UMP untuk menjadi Ketua Umum Persibas Banyumas. 

"Sehingga saya meminta kesediaan beliau, untuk menjadi ketua umum Persibas. Sepenangkapan kami, beliau bersedia," tuturnya. 

Pihaknya menjelaskan, jika selama ini telah banyak kontribusi Rektor UMP dalam mendukung Persibas Banyumas. "UMP kerap membantu Persibas. Misal Bus, ketika ke luar kota kita dipinjami gratis. Dan banyak lagi," imbuhnya. 

BACA JUGA:Runner Grup F Liga 3, Nasib Persibas Banyumas Lolos ke 18 Besar Tunggu Keputusan Asprov PSSI Jateng

Sedangkan pihaknya juga bersedia jika diminta tetap berada pada tubuh Persibas Banyumas. "Untuk saya, kalau diminta untuk tetap ada di dalamnya saya siap. Dan juga teman-teman yang ada di Persibas juga siap membantu," ujar dia. 

Sadewo menjelaskan, setelah berkonsultasi dengan Asprov, Persibas Banyumas bakal berdiri sendiri. Artinya, berbadan hukum, seperti berbentuk yayasan ataupun semacamnya. 

"Kalau menurut aturannya, setelah berkonsultasi dengan Asprov, memang Persibas tidak di bawah Askab, tetapi berdiri sendiri. Karena aturan dari Provinsi, dari PT Liga, kita badan hukumnya sendiri. Maka itu, ini internal kita, kita mau menunjuk siapa. Namun saya yakin, pak Jebul bisa mengemong," tuturnya.

BACA JUGA:Liga 3, Persibas Banyumas Runner Grup F Pasca Menang 2 - 0 Lawan Persibangga Purbalingga

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Ketua Askab PSSI Kabupaten Banyumas Sutarno mengatakan bahwa ada aturan main yang diatur dalam sepakbola, untuk Banyumas yaitu melalui statuta Askab PSSI Kabupaten Banyumas. 

"Statuta itu disahkan dalam kongres setelah pemilihan ketua. Dulu, persibas, terpilihnya ketua dipilih oleh klub. Kalaupun nanti yang mau dipilih rektor atau siapa, ya silahkan. Tetapi aturan main harus dipilih klub," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: