Dindik Dorong Sekolah Lahirkan Atlet Berprestasi Lewat Berbagai Lomba

Dindik Dorong Sekolah Lahirkan Atlet Berprestasi Lewat Berbagai Lomba

SERAHKAN PIALA. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono, menyerahkan piala kepada Juara 1 Piala Kepala Dinas Pendidikan dalam rangka Hari Olahraga Nasional Tahun 2024. -JUNI R/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, berkomitmen selalu memberikan ruang bagi pelajar untuk berprestasi dibidang olahraga.

Itu diwujudkan dengan diselenggarakannya Kejuaraan Bola Voli dan Futsal Piala Kepala Dinas Pendidikan dalam rangka Hari Olahraga Nasional Tahun 2024, yang diikuti oleh seluruh pelajar tingkat menengah pertama di Kabupaten Banyumas. 

"salah satu rangkaian dari Haornas yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Dalam hal ini adalah dilaksanakan oleh teman-teman MGMP Penjaskes. Ini kegiatan yang sifatnya bagus dan saya sampaikan sebagai bentuk respon positif dari guru-guru penjaskes," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono, saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang Piala Kepala Dinas Pendidikan dalam rangka Hari Olahraga Nasional Tahun 2024, Selasa (24/9) di halaman kantor Dinas Pendidikan. 

Menurut dia, langkah tersebut menjadi bukti nyata untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sudah dimulai dari usia dini. 

BACA JUGA:Ditjen PHU Dorong Penyelenggara Umroh dan Haji Khusus Taat Aturan

"Ini agar mereka bisa mulai menerapkan pola hidup sehat," ucapnya. 

Lanjut, ia menyebutkan, dari sekolah saat ini juga mempunyai kegiatan yang sifatnya rutin. Dan itu adalah bagian dari upaya kita untuk melahirkan atlet-atlet yang bagus kedepannya. 

"Kita ada kegiatan Kadindik seperti sepak bola dan voli. Jadi kita setiap tahun ada kegiatan keolahragaaan untuk memantik teman-teman agar bisa tampil dan muncul atlet yang berbakat," paparnya. 

Selain itu, pihaknya bakal mengadakan lomba permainan tradisional tahun depan. Momennya nanti bertepatan dengan hari pendidikan nasional. 

BACA JUGA:Ratusan Desa di Kabupaten Cilacap Rawan Bencana, Paling Banyak Bencana Banjir

"Untuk Hardiknas tahun depan, akan lakukan lomba-lomba seperti egrang, gobag sodor dan lain sebagainya. Kita harus siapkan sebaik-baiknya, karena saat ini tidak semua siswa mengenal permainan itu maka dimulai dari sekolah untuk mengenalkan jenis permainan tradisional sebagai bekal pada saat tahun depan kita laksanakan mereka sudah siap," tuturnya. 

Untuk juara Piala Kepala Dinas Pendidikan dalam rangka Hari Olahraga Nasional Tahun 2024, kategori futsal diraih oleh Juara 1 SMPN 1 Ajibarang,  Juara 2  SMPN 1 Jatilawang, dan Juara 3  SMPN 2 Sokaraja dan SMPN 1 Purwokerto. 

BACA JUGA:Memasuki Musim Penghujan, BPBD Banyumas: Waspadai Bencana

Untuk Bola Voli Putra Juara 1 SMPN 1 Gumelar, Juara 2 SMPN 2 Wangon, Juara 3 SMPN 2 Pekuncen dan SMPN 2 Gumelar. Bola Voli Putri. Juara 1 SMPN 1 Rawalo, Juara 2 SMPN 1 Patikraja, Juara 3 SMPN 2 Wangon dan SMPN 1 Ajibarang. (res)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: