Kerap Meresahkan Masyarakat, ODGJ di Jeruklegi dievakuasi ke Dinas Sosial

Kerap Meresahkan Masyarakat, ODGJ di Jeruklegi dievakuasi ke Dinas Sosial

Seorang ODGJ ( kedua kiri) diamankan oleh Forkompimcam Kecamatan Jeruklegi lantaran meresahkan warga sekitar desa Sumingkir, Minggu 02 Juli 2023.-Syihab Alfaritsi untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tidak dikenal di Desa Sumingkir, Kecamatan Jeruklegi dievakuasi atau diamaknkan ke Dinas Sosial. Pasalnya sering mengganggu warga sekitar dan membuat resah.

Proses evakuasi ODGJ tersebut berdasarkan laporan warga sekitar, karena sering berteriak-teriak kepada warga tanpa alasan yang jelas.

"Kita dapat laporan ada ODGJ tidak dikenal meresahkan warga dusun Kedungbanteng, Kecamatan Sumingkir, lalu kita tindak lanjuti bersama Polsek dan Koramil," kata Kasi Trantib Kecamatan Jeruklegi, Syihab Alfaritsi, Senin (3 Juli 2023).

BACA JUGA:Tidak Efektif, Dindik Bakal Evaluasi Pilihan Kedua Tujuan Sekolah

Setelah diidentifikasi, ternyata warga sekitar tidak ada yang mengenali ODGJ tersebut. Jika dilihat penampilannya, tidak seperti ODGJ. Namun ketika diajak berkomunikasi, jawabannya tidak nyambung dan ngelantur.

"Bukan anggota keluarga dari warga sekitar, tampilan yang bersangkutan rapi tidak seperti ODGJ pada umumnya dan tidak ditemukan identitas, kemungkinan depresi," lanjut Syihab.

Selanjutnya, ODGJ tersebut dievakuasi ke Dinas Sosial untuk ditampung sementara sembari menunggu ada pihak keluarga yang mencari, dan untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:Dua Pemuda Ketahuan Curi Aki Kapal, Satu Ditangkap dan Satu Lainnya Masih Buron

"Penanganan lancar, biasanya ngamuk kalau ODGJ lalu kita bawa ke Dinas Sosial dan Alhamudullilah diterima dengan baik meski saat ini Dinsos sedang upayakan rumah singgah untuk para ODGJ," bebernya.

Syihab menghimbau kepada masyarakat, agar melapor apabila ditemukan hal-hal semacam ini. Dan jangan asal melalukan penanganan sendiri terlebih main hakim sendiri karena kecurigaan yang tidak jelas.

"Kadang karena meresahkan dan tidak seperti ODGJ jadi masyarakat bertindak sendiri bahkan kadang sampai main hakim sendiri, laporkan lalu akan kita tindak lanjuti kepada dinas terkait," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: