Pengganti TKD Pasiraman Kidul di Karangklesem Rencana Dibangun Tempat Pengelolaan Sampah

Pengganti TKD Pasiraman Kidul di Karangklesem Rencana Dibangun Tempat Pengelolaan Sampah

Diantar langsung oleh pihak desa dan kecamatan, tanah pengganti TKD Pasiraman Kidul sudah ditinjau langsung tim gabungan dari kabupaten.-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS - Di lokasi tanah pengganti Tanah Kas Desa (TKD) Pasiraman Kidul terdampak pembangunan Flyover yang berlokasi di Desa Karangklesem Kecamatan Pekuncen rencana dibangun tempat pengelolaan sampah.

Pantauan Radarmas, di bagian depan akses jalan masuk menuju tanah pengganti TKD Pasiraman Kidul di Desa Karangklesem sudah dijadikan sebagai tempat berkumpulnya sampah. Informasi di lapangan, tumpukan sampah di lokasi tidak hanya dibuang oleh warga Pasiraman Kidul.

Pekan ini tim dari Inspektorat, Dinsospermades dan Dinperkim Banyumas bersama dengan Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Pekuncen pekan ini sudah melakukan tinjauan lapangan terhadap pengganti TKD yang lokasinya tidak jauh dari Balai Desa Pasiraman Kidul tersebut.

BACA JUGA: Animo Tinggi, Penambahan Kelas SMK Negeri 1 Lumbir Masuk Pembangunan Tahap Dua

Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Pekuncen, Darto, SAP mengatakan pengganti TKD Pasiraman Kidul di Karangklesem informasinya merupakan milik perorangan. Hanya dirinya tidak mengetahui persis untuk nominal tanah tersebut yang rencana akan dibangun sebagai tempat pengelolaan sampah oleh pihak desa.

"Dari tim gabungan sudah melakukan tinjauan ke lapangan," katanya.

Darto menjelaskan dengan dua lokasi yang direncanakan sebagai pengganti TKD Pasiraman Kidul yang terdampak pembangunan Flyover, yang dilakukan tinjauan oleh tim gabungan dari kabupaten untuk pengganti TKD yang berada di luar Desa Pasiraman Kidul. Sesuai aturan, pemilihan TKD diprioritaskan di dalam wilayah satu desa sendiri sebelum mencari ke luar desa.

BACA JUGA: Dugaan Pencemaran Limbah di Sungai Kali Guyur Langgongsari Cilongok, Ini Kata Kepala Desa

"TKD di Karangklesem meski di luar Desa Pasiraman Kidul tetapi jaraknya justru lebih dekat dari kantor desa dibandingkan TKD pengganti di desa sendiri," terang dia.

Dirinya berharap proses penggantian TKD Desa Pasiraman Kidul dapat cepat selesai, aman dan semakin membawa manfaat bagi warga desanya sendiri. Dengan rencana dibangun sebagai tempat pengelolaan sampah dapat menjadi solusi terkait penanganan sampah di Banyumas khususnya Desa Pasiraman Kidul.

"Lancar sesuai aturan dan tidak bermasalah di kemudian hari," pungkas Darto. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: