Pagar Keliling Roboh Tutup Aliran Sungai, Sejumlah Rumah Diterjang Banjir di Karangwangkal

Pagar Keliling Roboh Tutup Aliran Sungai, Sejumlah Rumah Diterjang Banjir di Karangwangkal

Kondisi banjir akibat luapan sungai Bakal yang merendam sejumlah kosan dan rumah warga, Senin (25/3/2024).-TANGKAPAN LAYAR VIDEO WARGA-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kejadian banjir luapan menerjang sejumlah rumah di Rt 1 Rw 3 dan Rt 3 Rw 3 Kelurahan Karangwangkal Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, Senin (25/3/2024). 

Banjir tersebut terjadi, lantaran aliran sungai Bakal tersumbat pagar keliling Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed yang roboh. Kemudian ditambah dengan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak pukul 14.00 WIB. 

Kepala Markas PMI Banyumas, Ariono Poerwanto mengatakan, banjir luapan terjadi saat hujan deras turun. 

BACA JUGA:Lansia di Bukateja Ditemukan Meninggal Dunia di Rumah Anaknya

"Mengakibatkan curah air sungai bakal yang melewati kelurahan Karangwangkal debitnya lumayan tinggi. Tiba-tiba tembok FIB unsoed roboh  dan menutup aliran sungai dan membendung air di sungai bakal dan mengakibatkan air meluap ke pemukiman," katanya. 

Disebutkan, terdapat 10 rumah yang terdampak akibat banjir tersebut. Dan diantara yang paling parah terdampak ialah kos-kosan mahasiswa. 

"Pemantauan sementara 10 rumah," jelasnya. 

BACA JUGA:Arus Mudik dan Balik, Diperkirakan Arus Kendaraan di Purbalingga Naik 5-6 Persen

Menurutnya, daerah tersebut memang langganan terdampak banjir luapan, namun kejadian ini ialah banjir yang paling besar. 

"Daerah tersebut memang langganan jika debit air besar akan meluap dan peristiwa tadi memang paling besar. Semoga malam ini tidak ada hujan dibagian Hulu karena sungai tertutup runtuhan tembok," pungkasnya (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: