Tak Rampung Kuliah Musisi Blues Gendhit Didapuk sebagai Guru PKL, Minim Apresiasi Ketimbang Genre Musik Lain

Tak Rampung Kuliah Musisi Blues Gendhit Didapuk sebagai Guru PKL, Minim Apresiasi Ketimbang Genre Musik Lain

Musisi senior blues, Gendhit ketika tampil di Pasar Qris Mastama, Sabtu (17/6) di komplek Taman Sari, Kecamatan Banyumas.-FIJRI/RADARMAS-

"Ada hal yang tak terduga, Sanggar Hirataka Music and Art menjadi lokasi PKL siswa SMKN 3 Banyumas dengan kurikulum musik blues. Padahal, saya tidak selesai kuliah," beber Gendhit.

Gendhit didapuk menjadi seorang guru bagi siswa yang sedang PKL mulai 2016 lalu. Memberikan ilmu dan pengetahuan serta membersamai siswa untuk menguasai musik blues.

Urusan vokal, ia sendiri yang harus turun tangan. Sebab, menurut Gendhit vokal memiliki tingkat kesulitan tinggi. Terlebih bagi pemula. Sebab, blues membutuhkan penjiwaan lebih dalam.

Lewat Hirataka Music and Art diharapkan Gendhit menjadi wadah untuk regenerasi musisi genre blues dari tlatah Banyumas. UKM musik kampus juga kerap datang ke sanggar.

Bertahun kemudian, pada 2018, Gendhit menelurkan satu album berisi delapan lagu. Disusul pada 2021 lalu, meluncurkan single.

Dari musik blues, Gendhit bercerita telah merasakan tingginya jalinan solidaritas. Di saat minim apresiasi dan ruang karya, faktanya di setiap kota terdapat komunitas blues dan terhubung se-nusantara. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: