Nilai Verifikasi Administrasi KLA Naik, Kabupaten Purbalingga Berpeluang Jadi Kategori Madya

Nilai Verifikasi Administrasi KLA Naik, Kabupaten Purbalingga Berpeluang Jadi Kategori Madya

Zoom meeting dalam kegiatan verifikasi lapangan KLA tahun 2023.-DINKOMINFO PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Nilai Kabupaten Purbalingga sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Purbalingga naik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2023 ini, Kabupaten Purbalingga mendapatkan nilai hasil verifikasi 621,35. Sedangkan pada tahun 2022 lalu, Kabupaten Purbalingga mendapat nilai 531.

Hal itu didasari pada penilaian administrasi dari tim verifikasi Provinsi Jawa Tengah terhadap Kabupaten Purbalingga sebagai KLA.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi mengatakan hal tersebut, melalui zoom meeting dalam kegiatan verifikasi lapangan KLA tahun 2023, Senin, 29 Mei 2023.

Acara zoom meeting tersebut diikuti langsung Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Sekretaris Daerah Purbalingga, serta pihak terkait di Gedung OR Graha Adiguna Purbalingga.

Retno Sudewi mengungkapkan, atas dasar itu Kabupaten Purbalingga layak naik kategori dari pratama menjadi madya.

"Ada 24 indikator penilaian yang terbagi dalam lima kluster. Hal itu akan menentukan sebuah kabupaten/ kota dinyatakan layak  anak tingkat madya. Yakni dengan nilai lebih dari 700," jelasnya.

Dia menjelaskan, lima kluster tersebut, yakni hak sipil dan kebebasan. Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dan kesejahteraan. Pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Serta, perlindungan khusus.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga sangat konsen dengan perlindungan anak yang sesuai dengan misi keempat. 

"Berbagai upaya telah dilakukan seperti dari sisi kebijakan dan kerja sama antar perangkat daerah, perusahan-perusahaan, hingga masyarakat," ujarnya

Menurut Bupati, Pemkab Purbalingfa sadar betul untuk mewujudkan Purbalingga ramah anak, harus bersinergi dengan seluruh pihak. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: