Dua Kali Kejadian Gempa Guncang Cilacap Minggu Malam

Dua Kali Kejadian Gempa Guncang Cilacap Minggu Malam

Gempa bermagnitudo 3.0 terjadi di Cilacap-BMKG CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dua kali kejadian gempa bumi kembali terjadi di perairan Kabupaten Cilacap, Minggu 28 Mei 2023 malam.  Kekuatan gempa tersebut berskala kecil. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, gempa yang terjadi semalam, pada pukul 20.09 WIB bermagnitudo 3.0. 

Berada di koordinat 8.69 Lintang Selatan (LS) dan 109.29 Bujur Timur (BT). Berjarak 111 kilometer tenggara Cilacap. Dengan kedalaman 10 kilometer.

BACA JUGA:Jabatan Kabag Ops dan 3 Kapolsek Berganti, Kapolres Purbalingga Ingatkan Tugas Semakin Berat

Sementara, gempa bermagnitudo 2.7 juga mengguncang Cilacap pada Minggu  malam, tepatnya pukul 23.48 WIB. Berjarak 84 kilometer barat daya Cilacap. Dengan kedalaman 23 kilometer. Kedua gempa tersebut pun tidak berpotensi tsunami. 

"Dilihat dari posisi episenter dan kedalaman hypocenternya, keduanya disebabkan adanya subduksi lempeng Indo Australia dan Eurasia," kata dia, Senin 29 Mei 2023. 

Menurut Hery, Cilacap merupakan daerah yang memiliki tingkat aktivitas seismic yang tinggi. Sehingga gempa-gempa kecil sering sering terjadi. 

BACA JUGA:YUK KITA CEK! Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Terbaru Tahun Ini

"Lokasi Cilacap ini cukup dekat dengan zona subduksi pertemuan antara dua lempeng besar Eurasia dan Indo Australia," ujar Hery. 

Hery pun meminta masyarakat untuk tidak panik dan terus meningkatkan mitigasi bencana. Apalagi Kabupaten Cilacap merupakan daerah aktif gempa bumi. Sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi gempa bumi. 

BACA JUGA:Hujan Mulai Jarang Turun, Permintaan Air Bersih Masih Nihil

"Sampai saat ini belum ada laporan kerugian akibat gempa semala. Jika ada bisa menghubungi BPBD. Kami harap masyarakat juga tidak perlu khawatir karena  gempa-gempa kecil ini bagian dari pelepasan energi. Diharapkan dapat meminimalisasi terjadinya gempa yang lebih besar," ujar Hery. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: