939 Calon Jamaah Haji Cilacap Akan Diberangkatkan Bulan Depan

939 Calon Jamaah Haji Cilacap Akan Diberangkatkan Bulan Depan

939 Calon Jamaah Haji Cilacap Akan Diberangkatkan Bulan Depan -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pada musim haji kali ini, Kabupaten CILACAP akan memberangkatkan 939 calon jamaah haji. Mereka terbagi menjadi dalam empat kloter pemberangkatan. 

“Untuk Kabupaten Cilacap Insya Allah berangkat tanggal 13 dan 14 Juni 2023. Kita tergabung dalam kloter 68, 69, 70, dan 71. Untuk kloter 68 dan 69 pada tanggal 13 Juni, 70 dan 71 tanggal 14 Juni," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Cilacap, Mukhlis Abdilah.

Dikatakan Mukhlis, dari jumlah tersebut jumlah jamaah laki-laki sebanyak 446 orang dan jumlah jamaah perempuan sebanyak 493 orang. 

"Usia calon jamaah haji termuda 19 tahun, asal Cilacap Utara, dari pelimpahan mengantikan orangtua yang meninggal. Dan yang tertua, 97 tahun warga Kecamatan Wanareja," katanya. 

Mukhlis mengatakan, hingga saat ini proses pemberangkatan calon jamaah haji sudah 90 persen. Di tanggal 31 Mei 2023 nanti, akan dilaksanakan pelepasan secara seremonial di Pemkab Cilacap. 

"Untuk persiapan teknis sudah kita lakukan termasuk koper-koper jamaah sudah siap. Jadi persiapan tinggal sedikit, Ini menyangkut jamaah cadangan yang belum pasti berangkat," katanya. 

Selain itu, berbagai persiapan lainnya pun sudah dilakukan seperti pemeriksaan kesehatan dan lainnya. Pemerikasaan tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Cilacap. 

Mukhlis pun berpesan kepada calon jamaah haji Cilacap, agar beribadah dengan khusyuk. Termasuk dalam budaya penggunaan gadget saat beribadah di tanah suci nantinya. 

"Calon jamaah haji hendaknya memiliki niat yang lurus dalam beribadah haji. Untuk itu saya berharap dalam budaya penggunaan gadget saat beribadah nanti bisa disesuaikan baik situasi, kondisi maupun tempatnya," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: