Tersisa 3 Desa Belum Miliki BUMDes, Ini Penyebabnya

Tersisa 3 Desa Belum Miliki BUMDes, Ini Penyebabnya

Kantor : Kantor BUMDes Pusaka Klapasawit sedang disiapkan, diantaranya untuk pelayanan konsultasi bisnis, Senin 22 Mei 2023.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Kabupaten Purbalingga memiliki 224 desa. Namun dari jumlah itu, masih ada 3 desa yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Masing-masing Desa Buara (Karanganyar), Desa Kalialang (Kemangkon) dan Desa Arenan (Kaligondang).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga, Ato Susanto, Senin 22 Mei 2023 menjelaskan, penyebab belum adanya BUMDes sampai saat ini di 3 desa masih didalami.

"Kami akan kroscek kembali penyebabnya. Namun dilihat dari potensi wilayah, kemungkinan karena keterbatasan SDM. Karena potensi sumberdaya di desa sebenarnya ada," katanya. 

Ia juga mengingatkan, pengelola jangan setengah- setengah memajukan BUMDes dengan cara berinovasi. Pemkab Purbalingga melalui Dinpermasdes dan Dinkominfo sudah mengembangkan aplikasi bernama LABORATORIUM BUMDES untuk memudahkan BUMDes dalam meningkatkan kapasitas demi kepentingan kemajuan dan kesejahteraan.

Penyebab lain menurut Dinas 3 desa itu masih kebingungan dari mana awal membentuk BUMDes. Karenanya, pihaknya akan kembali turun menyelesaikan dinamika ini.

"Harapannya, usai mendapatkan pendampingan dari kami, 3 desa ini bisa bersemangat membentuk BUMDes," ungkapnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: