Kuota Haji Banyumas Belum Terserap 100 Persen

Kuota Haji Banyumas Belum Terserap 100 Persen

Foto bersama seluruh calon haji Banyumas dengan petugas haji daerah dan Kepala KanKemenag Banyumas usai selesainya manasik haji tingkat kabupaten hari kedua, Selasa (9/5).-yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Calon Haji Di Kabupaten Banyumas yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) ada 68 orang, dengan jemaah cadangan yang sudah melunasi 85 orang. Padahal sudah dilaksanakan Manasik Haji tingkat kabupaten, Selasa (9/5).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Dr H Ibnu Asaddudin, SAg, MPd melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Drs H Purwanto Hendro Puspito mengatakan, mulai Senin (8/5) dan Selasa (9/5) sampai Jumat (12/5), diberi kesempatan pada calon haji yang belum melakukan konfirmasi pelunasan untuk melaksanakan pelunasan. Karena kuota yang terserap belum 100 persen, baru 86 persen.

"Calon haji yang masuk kuota cadangan segera berkoordinasi dengan kami untuk buka blokir dan ke bank penerima setoran melaksanakan pelunasan," katanya.

BACA JUGA:Wabup : Jangan Sungkan Laporkan Temuan Rumah Reyot Tak Layak Huni

Hendro menjelaskan, se-Jateng masih ada kuota 3.229 orang. Dari Banyumas diberi kesempatan kepada 60 orang cadangan, dan amanya sudah dishare melalui grup-grup Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU), maupun Kantor Urusan Agama (KUA). Diharapkan para calon haji cadangan bisa mengisi kekosongan kursi yang ada.

"Setelah selesai bimbingan manasik kabupaten Selasa (9/5), jemaah mohon menunggu undangan manasik kecamatan dari masing-masing KUA," pesannya.

Hendro melanjutkan, wilaya untuk manasik haji tingkat kecamatan ada 18 titik. Di wilayah Kecamatan Purwokerto Timur berlangsung tanggal 10, 13, 15, dan 16 Mei sampai selesai di Aula Kelurahan Purwokerto Wetan.

BACA JUGA:Ratusan LPJU Tenaga Surya Butuh Penanganan Khusus, Ini Alasannya

Kemudian untuk Kecamatan Gumelar dan Pekuncen, mulai tanggal 10 sampai 17 Mei di Gedung Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Gumelar.

Lalu untuk Kecamatan Kedungbanteng dan Karanglewas, dilangsungkan di Rumah Makan Candi Karangkemiri mulai 11 sampai 16 Mei, Purwokerto Utara dan Baturraden mulai 11 sampai 16 Mei di aula Kelurahan Purwanegara, Jatilawang dan Lumbir mulai 11 sampai 16 Mei di gedung IPHI Jatilawang, serta Sumbang dan Kalibagor di Balai Desa Pliken Kembaran.

BACA JUGA:Dapat Saldo DANA Gratis CAIR Rp 150 Ribu, Cek Caranya di Sini

sementara itu, di wilayah timur Banyumas untuk Sumpiuh dan Tambak di aula Kelurahan Sumpiuh.

"Wilayah Barat Banyumas untuk Ajibarang di Gedung IPHI Ajibarang," pungkas Hendro. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: