Ganjar Kunjungi Rumah Merah, Melihat Jejak Sejarah Abad 18 dan Pembuatan Batik Lasem

Ganjar Kunjungi Rumah Merah, Melihat Jejak Sejarah Abad 18 dan Pembuatan Batik Lasem

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Kunjungi Rumah Merah, Melihat Jejak Sejarah Abad 18 dan Pembuatan Batik Lasem--

REMBANG - Berada di Rembang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak ingin melewatkan kesempatan berkunjung ke Lasem. Usai bersilaturahmi ke kediaman Gus Mus dan Gus Baha, Ganjar mengunjungi warisan budaya di sana, yakni Rumah Merah.

 

Sang pengelola, Rudy Hartono tampak antusias dan gembira menyambut kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah itu. Rudy langsung menunjukkan dokumentasi kedatangan Ganjar di awal periode memimpin Jateng.

 

“Pak Ganjar, selamat datang lagi. Ini Pak, fotonya masih ada waktu dulu ke sini. Rambutnya belum seputih sekarang, masih ada hitamnya,” kata Rudy.

 

Ganjar kemudian diajak Rudy berkeliling melihat rumah yang diklaim berdiri sejak tahun 1860 itu. Kawasan tersebut menjadi perhatian Presiden Joko Widodo karena mempunyai nilai sejarah tinggi.

BACA JUGA:Hari Jadi ke-476, Ganjar Berharap Kota Semarang Semakin Ramah untuk Anak-anak dan Orang Tua

 

“Pak Presiden dulu sudah meminta tempat heritage itu kami pelihara. Salah satu yang di Lasem ini. Kemudian dieksekusi oleh Pak Basuki,” kata Ganjar usai berkeliling.

 

Arsitekturnya yang menggabungkan gaya Hindia dan Tiongkok menjadikan Rumah Merah destinasi wisata budaya yang sayang untuk dilupakan. Di antara pengembangan wisatanya, menampilkan langsung pengalaman membatik khas Rembang, Batik Lasem.

 

Ganjar juga diajak melihat pengembangan lain yakni menjadikan Rumah Merah sebagai home stay yang bisa diinapi wisatawan. Gubernur Jateng dua periode itu, mengaku mengagumi hasil revitalisasi yang dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: