Awas Berbahaya, Nekat Jaring Ikan Klawing Dekat Bendung Slinga

Awas Berbahaya, Nekat Jaring Ikan Klawing Dekat Bendung Slinga

Berbahaya : Tepian Sungai Klawing yang menjadi zona berbahaya untuk aktifitas air.di Bendung Slinga.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Beberapa pencari ikan dengan jaring maupun pemancing sampai saat ini masih nekat menjaring ikan persis di aliran bawah banguan bendung Slinga, Kaligondang. Padahal sudah ada papan larangan yang dipasang dekat area itu.

Jika nekat, maka berbahaya karena penghujan ini, debit air meningkat signifikan. Meski begitu, warga setempat mengungkapkan sudah terbiasa.

Salah seorang pemancing dekat bendung, Wahyudi mengatakan, para penjaring ikan itu justru turun saat debit aliran air sedang besar. Bahkan sampai Nyilem (menyelam, red) saat jaringnya tersangkut di bawah.

“Saya sendiri sebagai pemancing akan menjauh dan naik saat Sungai Klawing terlihat mulai banjir. Namun para penjaring ikan dengan santai tetap di tengah dan kadang berjalan menyusuri beberapa bangunan di bawah yang sedang dialiri arus kencang,” ungkapnya, Jumat 14 April 2023.

Rizky, salah satu pengunjung yang sedang santai di warung kopi dekat aliran sungai sempat bertanya ke penjaring ikan. Namun penjaring mengungkapkan sudah terbiasa.

Data dari DPU PR Purbalingga, panjang saluran kurang lebih 15 kilometer. Jumlah itu membutuhkan lahan yang tidak hanya di satu kecamatan, namun kecamatan lain juga terdampak. Sedikitnya 22 desa di 5 kecamatan terdampak pembebasan lahan kebutuhan pengembangan DI Slinga saat itu. (amr)

 

Foto Amarullah Nurcahyo dok

 

Berbahaya : Tepian Sungai Klawing yang menjadi zona berbahaya untuk aktifitas air.di Bendung Slinga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: