Luncurkan Gerakan Mayuh Sekolah Maning, Secepatnya Targetkan Kabupaten Banyumas Nol Anak Tidak Sekolah

Luncurkan Gerakan Mayuh Sekolah Maning, Secepatnya Targetkan Kabupaten Banyumas Nol Anak Tidak Sekolah

Program Manajer Penanganan Anak Tidak Sekolah Unicef Indonesia, Suhaini Kudus. (Aam Juni/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO  - Gerakan Mayuh Sekolah Maning diluncurkan hari ini, Rabu (22/2). Program Manajer Penanganan Anak Tidak Sekolah Unicef Indonesia, Suhaini Kudus mentargetkan secepatnya Kabupaten Banyumas bisa zero Anak Tidak Sekolah.

 

"Tahun ini fokus pada penanganan anak tidak sekolah, sebagai bagian dari replikasi program secara luas di Provinsi Jawa Tengah. Tahapan kegiatan kita mulai dengan data," kata dia. 

 

Ia menuturkan, persoalan data jadi kendala utama dalam penanganan anak tidak sekolah. 

 

"Karena salah satu hal yang paling menghambat penanganan masalah  anak tidak sekolah karena kita tidak punya data yang akurat, siapa dan dimana saja anak anak kita yang tidak sekolah," tuturnya. 

 

Setelah melakukan pendataan, pihaknya akan membantu pemerintah desa dalam upaya penanganan anak tidak sekolah. 

 

"Setelah ada data kita membantu pemdes, untuk mengembangkan kegiatan intervensi untuk penanganan anak tidak sekolah. Ada banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah desa misal bisa memberikan beasiswa, kepada anak anak yang tidak sekolah, menyediakan perlengkapan sekolah, dan juga menyediakan transportasi sekolah," paparnya. 

 

Lanjut, selain itu pemerintah desa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas juga bisa memfasilitasi agar bisa kembali ke layanan Pendidikan baik formal atau non formal. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: