Material Longsor di Jalur Provinsi Majenang Terangkat, Kendaraan Roda Empat Sudah Bisa Lewat

Material Longsor di Jalur Provinsi Majenang  Terangkat, Kendaraan Roda Empat Sudah Bisa Lewat

Warga melakukan kerjabakti membuang material longsor, Minggu 19 Februari 2023 -BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jalan provinsi jalur Majenang-Brebes di Dusun Cipancur Desa Ujungbarang Kecamatan Majenang, yang sempat tertutup akibat tertimbun material longsor kini sudah bisa dilalui.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, warga bersama dinas terkait sudah melakukan kerjabakti untuk mengangkat material longsor. 

"Sudah bisa dilalui kendaraan, untuk roda empat juga sudah. Namun masih sistem buka tutup jalur. Jadi masih dijaga oleh masyarakat sekitar," kata Budi, Senin 20 Februari 2023. 

BACA JUGA:16 WBP Lapas High Risk Batu Belum Memiliki NIK

Dikatakan Budi, untuk saat ini lokasi tersebut masih rawan terjadi longsor. Apalagi jika curah hujan tinggi dalam durasi lama, maka akan menyebabkan longsor susulan. 

"Lokasi tersebut memang rawan longsor karena tebing curam dan tanah labil. Untuk penanganan sendiri idealnya secara teknis tentunya dengan pemasangan talud, tapi ini biaya tinggi," kata dia.

Namun demikian, penanganan tersebut masih dapat disiasati dengan penanaman pohon yang memiliki akar kuat sehingga mampu mengikat tanah dan mencegah longsor.

BACA JUGA:Punya Keluhan Layanan ke Pemkab Cilacap? Adukan ke laporbup.cilacapkab.go.id

"Termasuk wilayah serupa, bisa ditanami tanaman yang memiliki akar kuat, jadi tidak mudah longsor apalagi memang beberapa wilayah di Cilacap rawan longsor," imbuh Budi. 

Budi pun menghimbau masyarakat dan pengguna jalan yang hendak melintas jalur tersebut untuk hati-hati. Selain jalan cukup licin, masih terdapat potensi longsor susulan. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: