Banyak Pohon Tumbang, BPBD Cilacap Minta Masyarakat Kenali Ciri-Ciri Pohon yang Lapuk

Banyak Pohon Tumbang, BPBD Cilacap Minta Masyarakat Kenali Ciri-Ciri Pohon yang Lapuk

BOCORAN KUR BRI 2023 Kapan? TABEL Angsuran, LIMIT Pinjaman, serta PERSYARATAN RADARGROUP.ID - Dalam artikel ini radargroup akan menyampaikan bocoran KUR BRI 2023 kapan dibuka. Selain jadwal ada tabel angsuran, limit pinjaman, dan syarat pengajuan kredit -BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARGROUP.ID - Angin kencang di Kabupaten CILACAP masih berpotensi terjadi. Bahkan dalam beberapa waktu ini, adanya angin kencang menyebabkan sejumlah pohon roboh dan menimpa rumah warga. 

Hal ini menjadi perhatian sejumlah pihak, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap. Pihaknya pun meminta masyarakat untuk memperhatikan kondisi alam sekitar.

"Perlu diperhatikan, adanya angin kencang ini dapat membahayakan lingkungan. Terutama jika di dekat rumah banyak pohon besar," kata Kalak BPBD Cilacap, Wijonardi.

BACA JUGA:Rombongan RA Mamba'ul Huda yang Alami Kecelakaan Akan Berwisata ke Owabong

Dia mengatakan, masyarakat perlu merawat dan mengamati kondisi pohon serta kenali tanda-tanda pohon yang mati dan berpotensi tumbang. 

"Karena bisa juga kondisi pohon yang terlalu rimbun atau sudah lapuk karena faktor usia menyebabkan pohon tumbang dan membahayakan lingkungan sekitar," katanya.

Wijonardi menjelaskan, adapun ciri-ciri pohon yang sudah mati atau lapuk adalah ranting yang sudah tidak lagi hijau dan segar, terdapat lubang menganga pada pohon, tumbuh jamur pada batang pohon atau disekitar pohon.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Gede Cilacap Terapkan Pembayaran Non Tunai Gunakan Aplikasi QRIS

"Segera periksa jika ada ciri-ciri tersebut bisa langsung dipangkas atau ditebang. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujar Wijonardi. 

Sementara itu, Kepala Disperkimta Cilacap, Bambang Tujiatno mengatakan, untuk antisipasi pohon tumbang akibat angin kencang, pihaknya melakukan pemangkasan pohon perindang di beberapa ruas jalan protokol. 

“Untuk perasaban pohon kita rutin melakukan. Tidak hanya di wilayah Kota Cilacap saja, tapi juga kita lakukan di Kroya, Majenang dan Sidareja," katanya. 

BACA JUGA:Dinas Pertanian Kewalahan Ajak Petani Ikut Asuransi Tani

Pihaknya pun telah menyiagakan tim untuk memantau kondisi lapangan jika sewaktu-waktu ada laporan pohon tumbang. Bahkan sejumlah alat pun juga disediakan lengkap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: