Pembinaan dan Inspeksi Kesehatan Dilakukan Lingkungan Madrasah

Pembinaan dan Inspeksi Kesehatan Dilakukan Lingkungan Madrasah

Berjalannya skrining Anemia siswi MAN 1 Banyumas oleh Puskesmas Purwokerto Timur I.-MAN 1 Banyumas untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Di madrasah, pembinaan dan inspeksi kesehatan lingkungan berjalan. Di MAN 1 Banyumas bekerja sama dengan Puskesmas Purwokerto Timur I, pengecekan dilakukan di kantin, ruang kelas, ruang guru, ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dapur sampai tempat pembuangan sampah.

Kepala MAN 1 Banyumas, H Jahroni, MPdI mengatakan, di kantin, petugas sanitarian memberi pengarahan tentang aturan makanan kemasan.

Di mana harus tertera logo halal dan tanggal expired.

BACA JUGA:Penerapan UMK 2022 98,19 Persen, Ini Jumlah Penerimanya

Semua makanan juga wajib dibuat dari bahan yang higienis, serta mempunyai wadah atau packaging bertutup, bisa juga dilapisi oleh tempat penutup makanan yang aman.

"Setelah pengecekan, petugas menempelkan stiker pembinaan, yang menerangkan bahwa Kantin Berkah Barokah telah dilakukan pembinaan dan inspeksi kesehatan lingkungan," katanya, Minggu (12/2)

Jahroni menjelaskan, untuk pemasangan stiker hygienis masih berproses karena untuk stiker hygienis harus melalui beberapa tahapan.

BACA JUGA:Pasokan Minyak Goreng Subsidi Berkurang di Pasaran

Tahapan-tahapan tersebut yaitu edukasi dengan sosialisasi makanan sehat yang boleh dijual berikutnya kriterianya, sampai pengujian sampel makanan.

"Jika dinyatakan hygienis, barulah dari Dinas Kesehatan Banyumas melalui petugas sanitarian puskesmas menempel stiker hygienis," terangnya.

Adapun di ruang kelas, petugas sanitarian melakukan cek intensitas cahaya menggunakan alat lux meter.

BACA JUGA:Tak Punya Agunan, Warga Ajibarang Terjerat Pinjaman

"Hasilnya 260 lux, mengindikasikan bahwa semua ruang belajar MAN 1 Banyumas intensitas cahayanya baik dan sehat untuk proses pembelajaran," pungkas Jahroni. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: