Karya Dalang Ini Semasa Dalam Tahanan Ada di Museum Wayang Banyumas

Karya Dalang Ini Semasa Dalam Tahanan Ada di Museum Wayang Banyumas

Staf Museum Wayang Banyumas menjelaskan wayang beber karya Ki Dalang Surono yang dibuat dalam masa tahanan tahun 1973, Rabu (2/2). -Fijri/Radarmas---

BANYUMAS-Ketika menjelajahi ruangan utama Museum Wayang Banyumas. Maka akan mendapati koleksi wayang karya Ki Dalang Surono asal Banjarnegara.

 

Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas Trijono Indra menceritakan karya Ki Dalang Surono merupakan jenis wayang beber.

 

Singkatnya, wayang beber yaitu wayang yang dilukiskan pada media. Dari adegan gambar dibeberkan atau diceritakan satu persatu. Istilah lainnya disebut wayang gedog.

 

"Beliau almarhum Ki Dalang Surono membuat karya wayang beber ketika dalam masa tahanan pada tahun 1973 silam," jelas Indra, Kamis (2/2).

 

Semua koleksi jenis wayang yang dipamerkan di Museum Wayang Banyumas telah tertera teks atau keterangan. Termasuk pada wayang beber terdapat sekilas cerita.

 

Namun demikian, disebut Indra kadang ada pengunjung yang tidak puas hanya dengan informasi pada teks. Sehingga, ingin mengetahui secara detail tentang koleksi wayang.

 

"Kadang ada yang menanyakan, ini permasalahannya apa Ki Dalang Surono ditahan. Saya jawab, ngapunten, tidak tahu persis, nuwun sewu, intinya museum menerima benda dengan jenis wayang beber dari Ki Dalang Surono yang dibuat dalam masa tahanan," papar Indra.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: