Kini Belajar Dalang Tak Hanya di Sekolah Formal

Kini Belajar Dalang Tak Hanya di Sekolah Formal

Ki Dalang Simon Taryoko memberikan ilmu pengetahuan tentang pedalangan ke remaja, Minggu (22/1) lalu di Oemah Gamelan Pekunden. -Eko untuk Radarmas---

BANYUMAS-Belajar seni pedalangan kini tidak lagi hanya di sekolah formal. Kesempatan untuk menguasai ilmu pedalangan bisa diperoleh di sanggar.


Di Sanggar Oemah Gamelan Desa Pekunden Kecamatan Banyumas dapat belajar tentang pedalangan. Terbuka untuk umum dari usia anak hingga remaja.

Salah satu remaja yang belajar pedalangan di Oemah Gamelan adalah Yogi Aditya (15). Remaja asal Slarang, Cilacap  itu merupakan siswa SMK jurusan teknik kendaraan ringan.

"Tertarik pedalangan karena ingin ikut mengangkat dan melestarikan budaya," ujar Yogi, Minggu (29/1) usai latihan.

Yogi berharap kelak sebagai orang teknik otomotif yang sekaligus jago dalang. Oleh karena itu, ia sungguh-sungguh belajar di Oemah Gamelan milik Eko Kuntowibowo.

Terpisah, Noto Saputro asal Sampang Cilacap menemani anaknya belajar pedalangan di Oemah Gamelan. Noto ingin anak semakin mantap dengan bakatnya.

"Anak dari umur satu tahun sudah suka wayang. Dapat informasi ada kelas pedalangan di Oemah Gamelan. Hari ini baru pertama kali datang mengikuti kelas," papar Noto.

Oemah Gamelan baru sebulan berjalan menggelar kelas pedalangan. Pelatih adalah Ki Dalang Simon Taryoko dari Dukuhwaluh Kembaran, Banyumas. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: