SNMPTN 2023, Cek Jatah Tiap Sekolah Lewat Prestasi, Ini Data Persen Sekolah di Banyumas sesuai SNPMB

SNMPTN 2023, Cek Jatah Tiap Sekolah Lewat Prestasi, Ini Data Persen Sekolah di Banyumas sesuai SNPMB

cek kuota/jatah sekolah di SNMPTN 2023 --

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Daftar kuliah di Perguruan Tinggi Negeri untuk tahun 2023 atau proses SNMPTN telah dimulai. Namun, kini berganti nama menjadi SNPMB (seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa baru).

Untuk para siswa, saat ini, kamu bisa cek berapa persen jatah sekolahmu baik SMA/SMK/Madrasah Aliyah untuk bisa mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dalam proses SNPMB 2023.    

Pengecekan bisa dilakukan dengan klik tautan di bawah bagian berita ini ya. Baik itu kuota sekolah dari data nasional secara menyeluruh, maupun data sekolah untuk di Kabupaten Banyumas.

Sebagai informasi, Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2023 adalah tim yang dibentuk oleh Mendikbudristek untuk mempersiapan seleksi masuk PTN .

Tim ini bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Fungsi Tim SNPMB:

  • Mempersiapkan dan mengelola, mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNBP dan SNBT untuk rektor PTN
  • Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
  • Menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN tujuan. 

Tujuan SNPMB:

  • Mempersiapkan dan melaksanakan tes masuk PT yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
  • Membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik atau akademik dan prestasi lainnya, melalui jalur SNBP
  • Membantu memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, melalui jalur SNBT 

Sebagai informasi, pembuatan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) untuk sekolah dan siswa dimulai hari ini, Senin (9/1/2022) pukul 15.00 WIB. SNBP adalah seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lain yang ditetapkan perguruan tinggi negeri (PTN).

Sebelumnya, SNBP dinamakan sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Peserta didik yang dapat mengikuti SNBP adalah siswa eligible. Artinya, hanya murid yang memenuhi kriteria tertentu yang dapat mengikutinya. Setiap sekolah memiliki kuota peserta berdasarkan akreditasi masing-masing dan jumlah siswa.

Kuota SNBP 2023

Melalui rilis SNPMB Tahun 2023 yang dibagikan dalam laman resmi, berikut ini besar kuota yang didapatkan setiap sekolah:

  1. Akreditasi A: 40% terbaik di sekolah.
  2. Akreditasi B: 25% terbaik di sekolah.
  3. Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolah.

Berikut Link Cek Jatah/Kuota Sekolahmu :  https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id./?mid=Kuota_Sekolah-ecd282ad-159c-4bea-9148-5b026559ded3

Sementara, para perguruan tinggi negeri juga diberi ketentuan daya tampung penerimaan untuk setiap jalur. Pada jalur SNBP, kuotanya minimal 20%. Rangkaian pendaftaran SNBP atau SNMPTN 2023 sendiri terdiri atas 12 langkah. Perhatikan apa saja yang wajib dilakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: