Yakin Masih Ragu Daftar Kartu Prakerja? Nih 6 Manfaat Kartu Prakerja Buat Kamu

Yakin Masih Ragu Daftar Kartu Prakerja? Nih 6 Manfaat Kartu Prakerja Buat Kamu

Para pencari kerja sedang mendaftar Kartu Prakerja melalui situs online. (Dok/Radar Banyumas)--

Radar Banyumas - Yakin Masih Ragu Daftar Kartu Prakerja? Nih 6 Manfaat Kartu Prakerja Buat Kamu. Kartu Prakerja adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja dan keterampilan masyarakat. Program ini ditujukan untuk masyarakat usia 18-35 tahun yang belum memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan, serta masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya.

Kartu Prakerja dikelola oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan dibantu oleh pihak swasta. Program ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu pelatihan keterampilan dan bantuan biaya kerja. Pelatihan keterampilan diselenggarakan oleh lembaga pelatihan yang telah ditunjuk oleh pemerintah dan bantuan biaya kerja diberikan kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan keterampilan dan memperoleh pekerjaan.

Bagi peserta yang mengikuti program Kartu Prakerja, manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

 

Pelatihan keterampilan yang berkualitas: 

Peserta akan diikutkan dalam program pelatihan keterampilan yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan yang telah ditunjuk oleh pemerintah dan dibimbing oleh mentor yang kompeten. Pelatihan ini akan dibekali dengan sertifikat yang diakui pemerintah.

 

BACA JUGA:Catat! Ini Poin Penting Program Kartu Prakerja Tahun 2023, Berbeda Dengan Tahun Lalu

 

Bantuan biaya kerja: 

Setelah menyelesaikan pelatihan keterampilan, peserta akan diberikan bantuan biaya kerja selama 6 bulan. Bantuan ini dapat digunakan untuk mengurangi biaya transpor, makan, dan lain-lain yang diperlukan dalam proses pencarian kerja.

 

Kesempatan kerja yang lebih baik: 

Program ini akan membantu peserta dalam mencari lapangan kerja yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: