Candi Bima, Candi Tertua di Dataran Tinggi Dieng

Candi Bima, Candi Tertua di Dataran Tinggi Dieng

Candi Bima yang disebut sebagai candi tertua di Dieng. Candi Bima ini berbeda dengan kompleks Candi Arjuna yang lebih ramai wisatawan, kondisinya cenderung sepi. CANDI BIMA : Komplek Candi Bima yang berada di dataran tinggi Dieng. Doc Pujud Radar Banyumas--

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Kawasan Dieng identik dengan wisata alam seperti pegunungan, kawah, maupun telaga. Namun ada destinasi wisata bersejarah seperti candi yang bisa dikunjungi. 

Salah satunya Candi Bima yang disebut sebagai candi tertua di Dieng. Candi Bima ini berbeda dengan kompleks Candi Arjuna yang lebih ramai wisatawan, kondisinya cenderung sepi.

Tampak hanya segelintir wisatawan di Candi Bima yang berada di jalan menuju objek wisata Kawah Sikidang ini. Padahal wisatawan bisa berwisata di Kompleks Candi Bima ini gratis.

Juru Pelihara Kawasan Dieng BPCB Jateng Tusar mengatakan Candi Bima merupakan candi tertua di dataran tinggi Dieng. Salah satunya dilihat dari bentuk relief yang masih sederhana.

BACA JUGA:Tak Hanya Kembang Api, Taman Kota Sumpiuh Bakal Dimeriahkan Kentongan Saat Malam Tahun Baru

"Candi Bima itu tertua di Dieng. Ini dilihat dari bentuk dan relief yang masih sangat sederhana," ujar Tusar saat ditemui di Dieng, Jumat (30/12). 

Tusar menjelaskan melihat gaya arsitektur Candi Bima mempunyai kemiripan dengan candi di India. Salah satunya dengan Candi Bhubaneswar yang berada di India.

"Dari gaya arsitekturnya mirip dengan gaya arsitektur India Utara. Candi Bima juga hampir menyerupai candi yang ada di India yaitu Candi Bhubaneswar," jelasnya.

Sepinya Candi Bima ini juga dibenarkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami. Utami menyebut faktor jarak Candi Bima yang berada agak jauh dari kompleks Candi Arjuna menjadi salah satu alasannya.

"Memang kalau dibanding dengan kompleks Candi Arjuna jauh. Candi Bima relatif lebih sepi," ujar Utami saat ditemui di Dieng.

BACA JUGA:Khusus Hari Ini Alun-Alun Kembali Dipenuhi PKL, Ada Apa?

Utami mengatakan sedikitnya wisatawan yang berkunjung ke Candi Bima karena terpisah dari candi lain yang berada satu kompleks. Seperti Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

"Lokasinya karena jauh dari kompleks Candi Arjuna. Kurang lebih sekitar 500 meter dari kompleks Candi Arjuna," terangnya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: