Mesin Batik Berteknologi Bernama Butimo ada di Gedung Dekranasda Banyumas, Mudah Bikin Klowong

Mesin Batik Berteknologi Bernama Butimo ada di Gedung Dekranasda Banyumas, Mudah Bikin Klowong

Pengelola Dekranasda Banyumas, Setia Puspita menunjukkan kain klowong dengan pola gambar untuk dibuat kain batik.-Foto Laily Media Y / Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pada Maret 2022, mesin batik berteknologi, yaitu mesin Butimo ada di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banyumas.

Mesin tersebut menghasilkan kain klowong, berupa kain yang digambari atau dibentuk elemen dasar desain batik secara umum.

Pengelola Gedung Dekranasda Banyumas, Setia Puspita (Tia) menyampaikan, proses pembuatannya seperti membuat sketsa dasar pada batik.

BACA JUGA:Pesan Tiket Aman, KAI Siapkan 155 Ribu Tempat Duduk, Prediksi Arus Puncak pada 1 Januari

Namun lebih modern. Di mana dibuat sketsa gambar di komputer, lalu dicetak di kain putih polos dengan bahan yang digunakan malam panas.

"Pas cetak, alat penggerak untuk gambarnya berupa canting untuk membatik," terangnya.

BACA JUGA:Pulang Badminton, Mobil Yang Dikemudikan Seorang Wanita Terperosok di Selokan Kompleks GOR Satria Purwokerto

Fungsi dari mesin Butimo untuk Mengefisienkan waktu dalam membatik. Pembatik tinggal melanjutkan dengan mengisi pola yang sudah ada atau kerap disebut isen-isen batik. Dilanjut memberi warna, plorod lilin, dan sebagainya dalam proses membatik.

Tia mengatakan, tanpa menghilangkan ciri khas batik yaitu proses isen-isen yang dilakukan manual. Jika dilalui prosesnya dari awal membuat pola atau sketsa gambar sebelum isen-isen, membutuhkan waktu lama.

BACA JUGA: Kepo Tren Fesyen 2023? Begini Bocoran dari Desainer

"Kalau pakai mesin Butimo, dalam sehari bisa menghasilkan sampai lima pola di lima kain, dengan pola yang tidak terlalu rumit," katanya.

BACA JUGA:Tak Semua Sengketa Pemilu Bisa Ditangani Oleh Panwascam

Jika pola yang dibuat rumit, dalam sehari menghasilkan tiga kain klowong. Adapun jenis kain yang dipakai yaitu kain primis, merupakan bahan katun terbaik untuk batik. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: