Batik Banyumas Dapat Penghargaan Penampilan Terbaik Jawa Tengah

Batik Banyumas Dapat Penghargaan Penampilan Terbaik Jawa Tengah

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas atau istri Pj Bupati Banyumas menerima penghargaan penampilan terbaik pada perayaan hari batik Dekranasda Jawa Tengah 2024, Rabu (23/10/2024). -Reny untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Batik BANYUMAS menyabet penghargaan penampilan terbaik pada perayaan hari batik Dekranasda Jawa Tengah 2024. Batik tulis pewarnaan alam itu eksis di tengah persaingan 35 kabupaten/provinsi.

Desainer Banyumas, Reny Andry menceritakan, batik tulis Banyumas memiliki filosofi. Dan karakter diperkuat oleh pewarnaan yang terbuat dari bahan-bahan alami.

"Design busana dibuat style clasic eleghant," kata Reny, Kamis (24/10).

Proses pembuatan desain terbilang rumit. Sebelum eksekusi kain batik tulis pewarnaan alam, Reny terlebih dahulu diskusi dengan budayawan Banyumas untuk mendalami filosofi kain yang diangkat.

BACA JUGA:Menjelajahi Kekayaan Batik Banyumas, Sejarah, Motif, dan Ciri Khas Batik Banyumas

BACA JUGA:Lampu Hias Kota Lama Banyumas Berbentuk Pewayangan dan Batik Banyumas

Batik tulis yang digarap yakni motif lumbon dan ayam alas. Disadur dari kisah perjalanan Raden Kamandaka dengan ayamnya.

"Tidak hanya sekedar membuat baju, sehingga setiap detail yang dibuat menjadi hidup dan bercerita," imbuh Reny.

Kain batik tersebut merupakan karya Adiyah (62) warga Kecamatan Sumpiuh. Ia menuturkan memang fokus memproduksi batik tulis pewarnaan alam.

Warna yang digunakan pada kain batik untuk perayaan hari batik Dekranasda Jawa Tengah 2024 berasal dari kayu tingi, mahoni dan jambal. Juga, buah jelawe dan tunjung.

BACA JUGA:Dua Tahun Pandemi Nestapa Pembatik Desa Papringan, Rindukan Event Biar Bisa Mendunia Lagi

BACA JUGA:Desainer Muda Banyumas Hasilkan Karya Pakaian Batik Bersama Kaum Difabel, Ditampilkan di BFF 2023

"Pertahankan orisinilitas batik tulis Banyumas dengan pewarnaan alam," kata Adiyah di rumahnya.

Seni dan keindahan dari batik tulis pewarnaan alam Banyumas tampak ketika sudah bersatu dengan pemilik baju dan inspirasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: