Domba Batur Banjarnegara Tetap Jadi Idola Peternak dan Kualitas Terjaga, Ini Caranya

Domba Batur Banjarnegara Tetap Jadi Idola Peternak dan Kualitas Terjaga, Ini Caranya

DOMBA BATUR : Salah satu Domba Batur yang sedang di insenminasi buatan untuk menjaga mutu dan kualitas genetik turunan. Doc Pujud Radar Banyumas --

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Domba Batur yang ada di wilayah dataran tinggi, yakni Kecamatan Batur, Pejawaran, dan Pagentan Kabupaten Banjarnegara tetap menjadi idola. Kualitas ternaknya terjaga. 

Terbaru, Dinas Pertanian, Perikanan, Pertenakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, melakukan insenminasi buatan pada domba batur melalui project upland.

Untuk menjaga mutu dan kualitas genetik turunan domba batur. 

BACA JUGA:Geger 2 Ekor Musang Masuk Rumah, Tim Damkar Lakukan Ini

Plt Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Herrina Indri Astuti mengatakan, di Banjarnegara project Upland difokuskan untuk pengembangan integrasi tanaman kopi dan ternak (kambing dan domba batur) khususnya wilayah dataran tinggi, yakni Kecamatan Batur, Pejawaran, dan Pagentan

“Pada tahun 2022 ini, ada 33 kelompok peternak di Banjarnegara yang mendapat bantuan domba, dari project upland.  Masing-masing kelompok menerima 27 ekor domba dan enam kambing jawa randu,”katanya, Kamis (15/12).

BACA JUGA:Jersey Messi Jelang Final Piala Dunia Melawan Prancis

Melalui pengembangan domba batur dan konservasi di wilayah Dieng, diharapkan, project upland di Banjarnegara menjadi tepat sasaran. Di satu sisi mendukung upaya konservasi, di sisi lain meningkatkan ketahanan pangan dan penguatan mata pencaharian.

“Domba Batur sebagai Plasma Nutfah asli Banjarnegara, merupakan salah satu rumpun domba lokal yang mempunyai keseragaman fisik dan komposisi genetik, serta kemampuan adaptasi yang baik, dengan sebaran geografis di kecamatan Batur dan sekitarnya, yang secara turun temurun dikembangkan di Banjarnegara”ucapnya.

BACA JUGA:Live Kroasia vs Maroko, Perebutan Juara 3 Piala Dunia 2022, Sama-sama Ingin Catatkan Sejarah

Karena itu, untuk menambah populasi serta menjaga mutu dan kualitas genetic domba batur, melalui project upland, Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara,  juga melakukan insenminasi buatan pada domba batur milik peternak

“Saat ini populasi domba Batur data di tahun 2021, berjumlah 9.200 ekor  yang tersebar di kelompok tani di Kecamatan Batur, Pejawaran dan Wanayasa, sehingga dengan adanya insenminasi buatan ini diharapkan populasi domba batur dapat terus bertambah, selain mutu dan kualitas genetiknya juga terjaga,”jelasnya.

BACA JUGA:Berapa Skor Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 Nanti? Ini Head to Head Kedua Tim

Menurutnya,  domba batur bisa disebut sebagai ternak multiguna, karena selain daging, domba batur juga mempunyai potensi sebagai penghasil bulu atau woll berkualitas, yang dapat diolah menjadi komoditas bernilai ekonomi tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: