Domba Batur Banjarnegara Tetap Jadi Idola Peternak dan Kualitas Terjaga, Ini Caranya

Domba Batur Banjarnegara Tetap Jadi Idola Peternak dan Kualitas Terjaga, Ini Caranya

DOMBA BATUR : Salah satu Domba Batur yang sedang di insenminasi buatan untuk menjaga mutu dan kualitas genetik turunan. Doc Pujud Radar Banyumas --

“Selain dimanfaatkan daging dan bulunya sebagai bahan wol, kotoran domba juga dimanfaatkan sebagai pemupukan tanaman kopi melalui program konservasi, dengan penanaman bibit kopi unggulan dari upland Kementerian Pertanian, diharapkan bisa mencegah erosi yang saat ini mulai terjadi di hulu aliran Sungai Serayu,”katanya.

BACA JUGA:Sebar Video Pribadi Milik Seorang Wanita, Warga Banyumas Ditangkap Polisi

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilai, saat ini pengembangan domba Batur berjalan dengan baik. Para petani mendapat pendampingan dari sejumlah perguruan tinggi.

“Pengembangan domba Batur di Dieng ada hasil yang cukup bagus. Ternyata beberapa kelompok tani, wanita tani, peternak, didampingi salah satunya dari IPB (Institut Pertanian Bogor), hasilnya bagus. Kandungan dagingnya sudah dianalisis oleh IPB,” ujarnya.

BACA JUGA:Jersey Messi Jelang Final Piala Dunia Melawan Prancis

Menurutnya, para peternak di Dieng bukan hanya beternak secara tradisional, tapi sudah modern. Tinggal para peternak diberikan pendampingan secara maksimal.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: