Tes Wawancara PPK, KPU Banyumas : Rata-rata Tiap Kecamatan Sudah Berpengalaman

Tes Wawancara PPK, KPU Banyumas : Rata-rata Tiap Kecamatan Sudah Berpengalaman

Seleksi Tes Wawancara PPK di Kantor KPU Banyumas di hari terakhir, Selasa 13 Desember 2022. (Mahdi Sulistyadi/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - KPU Banyumas masih melakukan seleksi wawancara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selasa (13/12) adalah hari terakhir seleksi wawancara ini. 

"Dalam tiga hari ini, banyak pendaftar yang punya kualifikasi bagus. Mereka orang baru dan mengetahui kepemiluan. Meskipun ada beberapa yang teknis kepemiluan kurang," kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Yasum Surya Mentari. 

Dia katakan, tak cuma mereka yang berpengalaman yang mendaftar, namun juga fresh graduate bahkan bisa melalui seleksi CAT meski pengalaman kepemiluan kosong. "Namun bagi kami, ini sesuatu yang baik bagi perkembangan penyelenggaraan pemilu di Banyumas," kata dia. 

Namun, lanjut dia, banyak juga diantaranya ada juga yang sudah berpengalaman dalam kepemiluan. "Minimal KPPS, PPS. Ini juga penting untuk kita lihat. Juga Panwascam dan PPK. Setiap Kecamatan ada yang sudah berpengalaman," tuturnya. 

Dia katakan, dalam 3 hari seleksi tersebut, dilihat dari bobot kualitas, PPK 2024 cukup bagus. "Ada kemampuan yang sangat kita butuhkan, misal soal IT. Bagaimana penyelenggaraan pemilu lekat dengan Teknologi informasi," tuturnya. 

Dia jelaskan, kualifikasi untuk PPK, minimal SMA. Namun ada juga yang pendidikan sudah S2. Sedangkan yang mendominasi memang S1. 

"Sedangkan untuk profesi, saya kira variatif, tidak ada yang mendominan. Mulai dari perangkat desa, wiraswasta," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: