Ada Koleksi Wayang Potehi Asal Cina di Museum Wayang Banyumas

Ada Koleksi Wayang Potehi Asal Cina di Museum Wayang Banyumas

Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas sedang mengelap kaca salah satu display koleksi di Museum Wayang Banyumas, Jum'at (9/12). (Fijri/Radar banyumas)--

BANYUMAS-Museum Wayang Banyumas memiliki berbagai koleksi wayang. Salah satunya adalah wayang potehi atau dibiasa disebut wayang Cina.

Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas Trijono Indra menceritakan wayang potehi menjadi koleksi di museum sejak 2005 silam. 

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas yang mengupayakan pengadaan wayang potehi untuk memperkaya koleksi di museum dan sebagai sarana edukasi.

Dalam pertunjukan wayang potehi tidak diiringi menggunakan instrumen gamelan. Melainkan sejenis alat musik gubar, biola dan tiktok.

"Wayang potehi menceritakan kisah-kisah dari negeri Cina. Misalnya, cerita Sun Go Kong, Sampek Engthay," kata Trijono Indra, Jum'at (9/12).

Wayang potehi mirip dengan wayang golek. Namun, bentuknya lebih simpel dan mengenakan atribut asal Cina.

Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas yang juga sebagai guide menerangkan koleksi wayang termasuk wayang potehi kepada pengunjung.

Terpisah, Humas Klenteng Boen Tek Bio Banyumas Sobita Nanda menceritakan di klenteng pernah menggelar pertunjukan wayang potehi.

 "Dulu saat peresmian Klenteng Boen Tek Bio Banyumas pada 15 dan 16 Mei 2016, kita pertunjukan wayang potehi," tutup Sobita. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: