Longsor Tutup Jalan, 1 Dusun Terisolir, Dua Rumah Rusak dan 1 Sekolah di Gumelar

Longsor Tutup Jalan, 1 Dusun Terisolir, Dua Rumah Rusak dan 1 Sekolah di Gumelar

Penanganan longsor di Jalan Gumelar - Petuguran area Perhutani Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Sabtu (19/11). Ahmad Fauzi untuk Radarmas--

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID- Tingginya hujan yang terjadi pada Jumat (18/11) kemarin, mengakibatkan terjadinya tanah longsor pada lima titik di Jalan Gumelar - Petuguran Rw 2 Grumbuk Cigugur atau area Perhutani Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. 

Imbasnya satu grumbul yaitu Rt 3 Rw 5 Grumbul Karangendep Desa Samudra Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas terisolir, karena jalan tertutup total material longsor. 

Selain itu, longsor juga mengakibatkan dua rumah warga rusak dibagian dinding dan atap, dan dinding belakang sebuah sekolah jebol di Rt 3 Rw 5 Grumbul Karangendep Desa Samudra. 

"Jalan desa tertutup total oleh material longsor, dinding belakang Sekolah jebol, dan dua rumah rusak berat dibagian dinding dan atap rumah," kata Budi Nugroho Kepala Pelaksana, BPBD Banyumas

Untuk saat inipun, dua dari lima titik longsor yang menutup total jalan telah ditangani alat berat. 

Hal itu dikatakan Ahmad Fauzi, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Singarana Gumelar. 

"Saat ini penanganan belum selesai, baru dua titik yang sudah ditangani, masih terisolir," katanya. 

Ia menambahkan, terdapat beberapa kendala saat pembersihan material longsor yang menutup jalan itu. 

"Kendala karena longsoran tanah yang begitu banyak di 5 titik juga banyak pohon yang tumbang, sekarang masih tiga titik yang belum selesai," terangnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: