SMPN 4 Kroya Cilacap Terendam Banjir, Siswa Terpaksa Diliburkan, Sungai Klawing Purbalingga Juga Meninggi

 SMPN 4 Kroya Cilacap Terendam Banjir,  Siswa Terpaksa Diliburkan, Sungai Klawing Purbalingga Juga Meninggi

Banjir yang menerjang wilayah Desa Gentasari Kecamatan Kroya, Sabtu (8/10) merendam satu sekolahan di Kecamatan Kroya, yakni SMP Negeri 4 Kroya yang lokasinya berada di Desa Gentasari.-FOTO Rayka Diah/ Radar Banyumas -

CILACAP - Banjir yang menerjang wilayah Desa Gentasari Kecamatan Kroya, Sabtu (8/10) merendam satu sekolahan di Kecamatan Kroya, yakni SMP Negeri 4 Kroya yang lokasinya berada di Desa Gentasari. 

Akibat banjir, ratusan siswa terpaksa diliburkan.

Meski demikian, hingga Senin (10/10) genangan air di SMP Negeri 4 Kroya belum juga surut. 

"Tadi pagi anak-anak berangkat dan membersihkan ruang kelas. Ruang kelas tadinya terendam air, namun sekarang sudah surut airnya. Tinggal yang di halaman sekolah," kata salah satu tenaga pendidik, Amalia. 

BACA JUGA:Kisah Pilu Istri Kedua Korban KDRT dan Suami Jual Istri di Purwokerto, Disiram Air Keras, Koma, 18 Kali Operas

Menurutnya, kondisi genangan air di halaman sekolah saat ini mencapai sekitar 40 sentimeter. Untuk itu, seluruh siswa di SMP Negeri 4 Kroya dipulangkan awal untuk melaksanakan kegiatan belajar di rumah masing-masing.

"Memang setiap tahun selalu banjir dan masuk ke ruang kelas. Untuk beberapa ruangan sudah ditinggikan, mengantisipasi banjir karena area sekolah ini rendah. Kalau hujan dapat kiriman air, karena sungai sekitar meluap," kata dia.

Sementara itu, hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Purbalingga pada Senin (10/10) sore, membuat debit air sungai yang melintas di wilayah ini meninggi. 

BACA JUGA:Tak Ada Maaf, Kuasa Hukum Kasus Suami Jual Istri Minta Pelaku Dihukum Mati

Meski demikian, masih belum ada laporan kejadian banjir yang masuk pemukiman atau menggenangi areal persawahan milik warga.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Umar Fauzi mengatakan, pihaknya masih melakukan pantauan di sejumlah wilayah.

"Di daerah utara (Purbalingga) sungai terpantau debit meninggi," katanya.

Di Sungai Klawing yang merupakan salah satu sungai terbesar di Purbalingga, debit air juga meninggi.

BACA JUGA:Hujan Deras di Purbalingga, Jalur Siregol Desa Sirau Kembali Tetutup Longsor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: