Mutasi Guru Swasta Lolos Passing Grade Ke Negeri Tembus Belasan Orang Satu Yayasan

Mutasi Guru Swasta Lolos Passing Grade Ke Negeri Tembus Belasan Orang Satu Yayasan

Peluang menjadi guru PPPK di sekolah negeri masih menggiurkan. -Foto Yudha Iman/Radar Banyumas -

 

PURWOKERTO - Peluang menjadi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) guru cukup menggiurkan bagi guru di sekolah swasta.

Kasi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Suryadi SH mengungkapkan sepengetahuannya jumlah guru swasta yang mengikuti tes PPPK 2021 lolos passing grade namun belum mendapatkan formasi tembus sampai 18 guru dalam satu yayasan.

"Di salah satu yayasan gurunya yang lolos passing grade ada yang sampai 18 orang. Saat diangkat PPPK guru otomatis pindah ke negeri," katanya ditemui Radarmas, Jumat (30/9).

BACA JUGA:Trans Banyumas Belum Akan Bertarif Besok

Dilanjutkannya, berstatus sebagai guru sertifikasi di sekolah swasta tidak lebih menarik dibandingkan lulus sebagai PPPK guru di sekolah negeri. Terlebih dengan telah terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 202/PMK.05/2020 tentang tata cara pembayaran gaji dan tunjangan PPPK.

"PPPK akan banyak mendapatkan fasilitas layaknya PNS," ungkap Suryadi.

Disinggung terkait GWB yang belum mengajar sampai satu tahun dan belum masuk dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tentunya sampai saat ini masih ada di Banyumas.

"Jumlahnya tidak banyak karena untuk dapat merekrut GWB baru syaratnya ketat. Tidak mudah bagi sekolah," tegas Suryadi. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: