Tambah Fasilitas untuk Capai Retribusi, Termasuk Gelar Kompetisi Burung di Museum Pangsar Soedirman

Tambah Fasilitas untuk Capai Retribusi, Termasuk Gelar Kompetisi Burung di Museum Pangsar Soedirman

Kompetisi burung di Museum Pangsar Soedirman, Selasa (27/9) diikuti minimal seratus peserta.-Foto Laily Media / Radar Banyumas -

PURWOKERTO- UPT Lokawisata Purwomas tahun ini menargetkan retribusi Rp 870 juta.

Sampai sekarang tertinggi diperoleh Kalibacin sebesar 80 persen, kemudian Museum Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman 65 persen, dan Taman Rekreasi Andhang Pangrenan (TRAP) 50 persen.

Kepala UPT Lokawisata Purwomas, Dewi Kamawati Pertiwi mengatakan, untuk mencapai retribusi, akan menambah fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan.

Di TRAP akan ditambah wahana permainan anak.

BACA JUGA:Soal Permintaan Pemilik Tenant di Kawasan Kincir Taman Apung Mas Kemambang, Begini Kata BLUD

"Di Museum Pangsar Soedirman akan ditambah kolam keceh sedalam 60 cm, anak-anak bisa ikut kecehan," katanya.

Dewi menambahkan, ingin menjadikan Lokawisata Purwomas menjadi tempat wisata ramah anak. Seperti di Kalibacin, menyediakan kolam renang kedalaman 60, 90, dan 125 cm. Menyesuaikan standar tinggi usia anak. 

Kompetisi Burung Museum Pangsar Soedirman Penyumbang Retribusi

Upaya mencapai retribusi di UPT Lokawisata Purwomas tidak hanya dilakukan dengan menambah fasilitas. Namun juga mengadakan even yang bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Seperti di Museum Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman, diadakan rutin setiap minggu berupa kompetisi burung. Diselenggarakan pada Selasa dan Sabtu tiap minggu.

BACA JUGA: Pernyataan Direktur BLUD Dinilai Tak Benar, Soal Pemberitahuan Kios Sebelum Bayar Sewa di Taman Mas Kemambang

"Sebulan sekali setiap Hari Minggu ada kompetisi besar, tergantung dari penyelanggara, kalau Pangsar Soedirman cuma menyediakan tempat," papar Pengelola Museum Pangsar Soedirman, Toni.

Dalam sekali kompetisi yang rutin diadakan setiap Selasa dan Sabtu, peserta minimal bisa mencapai seratus orang. Dan tetap dibuka untuk pengunjung umum.

"Untuk kompetisi burung ada arenanya sendiri, dan sesuai Perda ada penarikan sewa, sehari Rp 200 ribu," pungkasnya. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: