Bank Jateng Serahkan Bantuan PED Sebesar 585 Juta Untuk Pemkab

Bank Jateng Serahkan Bantuan PED Sebesar 585 Juta Untuk Pemkab

Bantuan Sebesar 585 Juta diterima oleh Bupati untuk pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM, Senin 29 Agustus 2022.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Bank Jateng Kantor Cabang Cilacap serahkan bantuan sebesar Rp 585.000.000 untuk membantu Pemulihan Ekonomi Daerah (PED). Dana tersebut akan dikelola Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) dengan arahan Bupati.

"Dana ini kita berikan dalam upaya kami untuk membantu pemerintah daerah untuk pemulihan ekonomi setelah pandemi," ujar Kepala Bank Jateng Cilacap Bangun Edi Sumirat kepada Radarmas, Senin 29 Agustus 2022.

Menurutnya sektor UMKM merupakan hal yang paling terdampak, sehingga jika ingin ekonomi bangkit perlu adanya intervensi pada sektor ini.

"Kita berkomitmen berperan serta dalam pemulihan ekonomi masyarakat sehingga diharapkan UMKM bangkit untuk mendukung ekonomi nasional agar berjalan baik," kata Bangun.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi komitmen serta langkah yang diambil Bank Jateng tersebut. Melalui sinergitas ini, diharapkan ada akselerasi terhadap berbagai program yang dilaksanakan Pemkab Cilacap dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

“Pemkab Cilacap sudah berupaya bagaimana ekonomi Cilacap tumbuh kembali. Terutama UMKM ini sangat membutuhkan bantuan,” kata Bupati.

Atas nama pribadi dan Pemkab Cilacap, Bupati mengucapkan terimakasih kepada Bank Jateng atas kepeduliannnya terhadap UMKM di Kabupaten Cilacap. Diharapkan para penerima bantuan ini tidak hanya sekedar membutuhkan, tetapi juga mau bekerja bersungguh-sungguh.

“Nanti yang menerima bantuan tidak hanya sekedar butuh saja, tetapi juga mau bekerja. Laporkan hasilnya agar Bank Jateng juga mengevaluasi. Kalau ini sukses, nanti akan ada lagi program serupa,” kata Tatto.

Menurut Bupati, sejauh ini peran swasta dalam mendukung pemulihan ekonomi daerah cukup baik. Tidak hanya melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), beberapa diantaranya bahkan menjadi mitra untuk mendorong kemajuan UMKM.

“Jadi, mengelola potensi yang ada di Cilacap. Apa yang bisa dikerjasamakan dengan UKM”, tandasnya.

Sementara itu Kepala DPKUKM Umar Said melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan pengembangan Koperasi Usaha Mikro pada DPKUKM kabupaten Cilacap Eli Kurniawati kepada Radarmas mengatakan untuk penyaluran akan diwujudkan dengan kegiatan pemberdayaan UMKM.

"Nanti penyaluran dengan pelatihan-pelatihan, bazaar UMKM, sertifikasi halal dan lain-lain," ujarnya.

Kemudian untuk sasaran adalah pelaku usaha mikro di Kab Cilacap, seperti yg fasilitasi halal sendiri kita sudah meminta kepada setiap kecamatan untuk mengusulkan calon penerima fasilitas.

"Untuk sertifikasi halal kita sudah minta per kecamatan untuk mengusulkan, nanti kemudian ditindak lanjuti melalui program-program lain melalui dana bantuan tersebut," pungkas Eli. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: