Honda

Bupati Purbalingga Ikut Panen Melon Kualitas Premium di Kertanegara

Bupati Purbalingga Ikut Panen Melon Kualitas Premium di Kertanegara

Bupati saat panen perdana melon kelas premium hidroponik, Selasa (9/8/2022).-HUMPRO PEMKAB PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

RADARBANYUMAS, PURBALINGGA - Pemerintah Desa Karangpucung, Kecamatan Kertanegara dibantu kelompok petani milenial setempat sedang membudayakan buah melon premium dengan sistim tanam hidroponik.

Pada Selasa (9/8/2022), Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM berkesempatan ikut panen perdana melon kualitas premium di komplek Edu Wisata Area Pertanian Terintegrasi (Artansi) setempat.

Bupati, anggota DPRD dan jajaran Kepala OPD juga diajak untuk menanam bibit melon, panen perdana melon dari sistem hidroponik, sekaligus mencicipi. Ada 3 jenis melon yang ditanam, diantaranya Inthanon, Golden Aroma dan Golden Alisha.

BACA JUGA:Pedagang Alun-alun Purwokerto Enggan Dipindah Jalan Baru

BACA JUGA:Toko Klontong Jadi Sasaran Peredaran Rokok Ilegal

Melon-melon ini memiliki tingkat kemanisan tinggi yakni rata-rata 15 brix dan hanya dijual Rp 35.000 per kilogramnya.

"Untuk mengembangkan melon ini awalnya kami tidak berani menggunakan dana desa. Anak saya belajar secara otodidak, istilahnya berani bakar uang dulu, dengan trial and error, salah, salah dan akhirnya menemukan racikan (pupuk) yang bagus alhamdulillah hasilnya ini cukup maksimal," katanya.

"Dinas Pertanian bisa gandeng petani milenial desa lain di Kertanegara untuk memanfaatkan hal serupa," kata Tiwi.

BACA JUGA: Pedagang Tetap Andalkan Pesan Chat Meskipun Ada Aplikasi Belanja Online

BACA JUGA:Baru 19 Parpol Terdaftar di Kesbangpol Purbalingga, 5 Diantaranya Parpol Baru

Ia juga menginformasikan, terkait bantuan pengembangan usaha, Pemkab Purbalingga memiliki program Dana Stimulan Rp 10 - 30 juta yang bisa dimanfaatkan para kelompok usaha. Baik kelompok tani/peternak, kelompok wisata maupun kelompok UMKM.

"Insha allah semua sektor ini kita bantu agar bagaimana masyarakat bisa sejahtera, perekonomiannya bisa menggeliat dan berputar untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. (amr)

Sumber: