Honda

17 Dosen UMP Berhasil Lolos Program Sertifikasi Kompetensi dan Magang Industri

17 Dosen UMP Berhasil Lolos Program Sertifikasi Kompetensi dan Magang Industri

Gedung tercantik milik UMP-HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

RADARBANYUMAS, PURWOKERTO - Sedikitnya 18 Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil lolos program sertifikasi kompetensi dan magang industri bersertifikat 2022.

Hal itu ditunjukan pada Surat Keputusan Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Nomor: 127/D5/AL.03/2022 tentang Penetapan Penyelenggara dan Penetapan Program Sertifikasi Kompetensi dan Magang Industri Bersertifikat. 

Program ini merupakan upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

BACA JUGA: Pedagang Tetap Andalkan Pesan Chat Meskipun Ada Aplikasi Belanja Online

Dalam program ini, 13 dosen UMP berhasil lolos skema A1 (Sertifikasi kompetensi Pelatihan, Magang Industri, dan Pendamping UMKM), mereka yakni Gema Romadhona, Tati Hardiyani, Marta Tania GC, Rezky Pramurindra, Purwati, Tina Muzaenah, Sawitri Dewi, Wahyu Rianingrum, Nur Isna Inayati, Iwan Fakhrudin, Edi Joko Setyadi, Tiara Pandansari, dan Arga Pratama Rahardian. 

Sementara untuk skema B2 (TVET Lecture Excellence Short Course di TU Dresden Institute FaCE German) yakni Susana Widyaningsih dan Kurnia Ritma Dhanti.  Untuk Skema D2 (Magang Penguatan Tata Kelola PT Vokasi Unggul Bereputasi Global di University of Strathclyde UK) ada Umi Solikhah dan Naela Tubastufi. 

Salah satu dosen UMP yang berhasil lolos Umi Solikhah mengatakan, Program Sertifikasi Kompetensi dan Magang Bersertifikat ini merupakan upaya meningkatkan daya saing  sumber daya manusia (SDM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

BACA JUGA:Pengadaan Mobil Listrik Untuk Kendaraan Dinas Pimpinan Daerah Banyumas, Begini Kata Bapedalitbang

“Dukungan pendanaan dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), para dosen vokasi dapat menerima hibah biaya sertifikasi kompetensi, magang, peningkatan keterampilan, dan tata kelola perguruan tinggi vokasi,” jelasnya, Selasa (9/8/2022) di Purwokerto. 

Lebih lanjut ia mengatakan, program ini merupakan inisiatif pemerintah untuk menguatkan kompetensi dan wawasan global serta pengalaman industri bagi dosen vokasi agar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, menciptakan SDM berkualitas unggul dan berdaya saing global. 

Sementara itu Rektor UMP Dr Jebul Suroso sangat bangga akan keberhasilan para dosen UMP dan mendukung penuh untuk fokus mengikuti kegiatan ini.

BACA JUGA:Bupati Minta Penanganan Stunting Bisa Ditekan Sampai 16 Persen

"Alhamdulillah, Kami sangat bangga dan mendukung penuh dosen yang lolos dalam program ini. Dosen yang lolos seleksi ini dapat fokus dalam mengikuti serangkaian kegiatan program ini," pungkasnya. (tgr)

Sumber: