Honda

Dinporabudpar Banyumas Hanya Siapkan 9 Anggota Paskibraka Untuk Upacara HUT RI ke 77 di Alun-Alun Purwokerto

Dinporabudpar Banyumas Hanya Siapkan 9 Anggota Paskibraka Untuk Upacara HUT RI ke 77 di Alun-Alun Purwokerto

Istherina Flamboyan, Kabid Pemuda Dinporabudpar Banyumas saat ditemui Radarbanyumas.co.id, Senin (8/8/2022). -Foto Ahmad Erwin/Radar Banyumas-

RADAR BANYUMAS, PPURWOKERTO -  Sebanyak 9 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) disiapkan untuk pengibaran dan penurunan pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang akan digelar di Alun-Alun Purwokerto, pada 17 Agustus mendatang.

Istherina Flamboyan, Kabid Pemuda Dinporabudpar Banyumas mengatakan, dari 9 anggota yang disiapkan itu telah melalui proses seleksi. 

"Jadi untuk tahun 2022 dari Dinporabudpar Banyumas, kami hanya menyiapkan 9 orang Paskibraka muda dan ini sudah kita lakukan seleksi awal karena jumlahnya memang hanya 9 orang," katanya, Senin (8/8). 

Adapun dari proses seleksi yang telah dilakukan yaitu dengan menyeleksi puluhan siswa dari 11 sekolah. 

"Kami menyeleksi dari SMA 1, ini sudah kita sudah kirim ke Provinsi, SMA 2, SMA 3, SMA 4, SMA 5, kemudian SMA Banyumas, SMK 1, SMA Patikraja, SMA Baturraden dan SMA Ajibarang lalu MAN 1" lanjutnya. 

Dari seleksi yang sebelumnya dilakukan ditingkat SMA selanjutnya dilakukan seleksi terbatas ditingkat Kabupaten. 

"Kemudian kita adakan seleksi terbatas ditingkat Kabupaten, dimana dimasing-masing sekolah yang sebelumnya ini sudah kita pantau, untuk membantu penyeleksian di tingkat sekolah. Dan dari seleksi ditingkat Kabupaten kita dapatkan 9 orang," jelasnya. 

Dari 9 anggota Paskibraka itu, Istherina juga menerangkan, saat ini telah mulai mengikuti pelatihan intensig. 

"Dari 9 anggota ini sudah mulai mengikuti ada pelatihan intensif dari mulai bulan Juli, tetapi kalau Juli itu masih Sabtu Minggu selebihnya online. Kemudian nanti latihannya dengan pelatih, yang dari Kodim dan Polresta itu mulai tanggal 11 sampai dengan 16," jelasnya. (win)

Sumber: