Gelar Budaya jadi Cara Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Pilkada

Gelar Budaya jadi Cara Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Pilkada

Komisioner Bawaslu Banyumas Rani Zuhriyah menyampaikan sambutan dalam acara gelar budaya di Lapangan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kamis (10/10)-BAWASLU BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menggelar acara sosialisasi yang dibalut dengan gelar budaya di Lapangan Rejasari, Kecamatan PURWOKERTO Barat, Kamis (10/10).

Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu mengajak masyarakat untuk “Sesarengan Ngawasi Pemilihan 2024”

Komisioner sekaligus Kordiv Pencegahan Parmas & Humas Bawaslu Banyumas, Rani Zuhriyah menyampaikan, acara ini tidak hanya sebagai sosialisasi peran serta masyarakat dalam mengawasi pemilu, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan lokal.

Diharapkan kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk ikut pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2024.

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Purbalingga Dilantik, Target Rampungkan AKD Oktober Ini

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat Banyumas semakin sadar akan pentingnya keterlibatan mereka dalam menciptakan Pilkada yang bersih dan jujur,” ujar Rani

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dari grup ebeg Singo Limo. Masyarakat antusias menonton kesenian ebeg tersebut.

Rani berharap pesan- pesannya bisa diserap oleh masyarakat. Seperti ikut mengawasi pihak-pihak yang harus netral. Kemudian ajakan untuk mengecek dalam daftar pemilih. Serta yang paling penting adalah stop politik uang. 

"ASN, TNI, POLRI, Kades yang tidak netral laporkan saja kepada kami, ikut aktif kampanye misalnya." kata Rani

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Purbalingga Dilantik, Target Rampungkan AKD Oktober Ini

Acara ini juga menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan Bawaslu. Bawaslu memperkuat pengawasan di tingkat bawah memastikan Pilkada 2024 di Banyumas berlangsung aman, damai, dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. (alw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: