Bawakan Lakon Srikandi Kridha, Yudistira Bagus Pramono Juara Lomba Dhalang Anak 2024

Bawakan Lakon Srikandi Kridha, Yudistira Bagus Pramono Juara Lomba Dhalang Anak 2024

MEMUKAU. Salah satu peserta lomba dalang anak, yang memukau dewan juri. -HUMAS PEMKAB BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Membawan Lakon Srikandi Kridha, Yudistira Bagus Pramono berhasil memukau para dewan juri Lomba Dhalang Anak Tahun 2024. Penampilan yang memukau tersebut, berhasil mengantarkan  utusan Korwil Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Ajibarang itu berhasil menjadi Juara 1.

Sementara untuk Juara 2 diraih oleh Anggit Saputra dari Korwil Sokaraja Juara 3 Farel Novka Al Ghifari utusan Korwil Ajibarang. 

Pj Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar menuturkan, acara tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan kebudayaan dan kesenian yang merupakan potensi luar biasa di Banyumas

"Budaya merupakan bagian penting dari identitas masyarakat dan budi luhur suatu bangsa. Pembangunan yang ideal tidak hanya terfokus pada infrastruktur,  pendidikan, dan kesehatan, tetapi juga pada pengembangan budaya,” kata dia. 

BACA JUGA:Perbaiki Atap Gerbang Perumahan, Pria Ditemukan Meninggal Diduga Tersengat Listrik

Ia juga memberikan apresiasi kepada Dinporabudpar dan Pepadi atas tereselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya untuk bisa menciptakan masyarakat yang damai dan berprestasi, membutuhkan moral dan nilai-nilai budaya. 

"Acara Lomba Dhalang Anak ini diharapkan dapat menjadi platform bagi para seniman untuk menampilkan kreativitas mereka, serta memperkuat semangat pelestarian budaya di kalangan generasi muda,” paparnya. 

Lanjut, untuk dewan juri lomba tersebut terdiri dari Sungging Suharto, Drs Nuryanto, M.Hum dan Heru Susanto, S.SN. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Banyumas, Fendi Rudianto menuturkan, lomba tersebut menjadi agenda rutin tahunan. 

BACA JUGA:SK Gubernur Turun, Pimpinan DPRD Kabupaten Purbalingga 2024-2029 Dilantik Jumat

"Ini juga untuk menyeleksi dalang-dalang muda berbakat untuk ikut ajang serupa di tingkat provinsi," pungkasnya. (res)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: