Pilkada Banyumas 2024 Hanya Satu Pasangan Calon, Debat Ditiadakan

Pilkada Banyumas 2024 Hanya Satu Pasangan Calon, Debat Ditiadakan

Sidiq Fathoni, Komisioner KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan saat sosialisasi tahapan Pilkada serentak kepada wartawan. -DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Dalam kontestasi Pilkada Banyumas 2024, hanya terdapat satu pasangan calon yang maju, yaitu Sadewo Tri Lastiono dan Dwi Asih Lintarti. 

Kondisi ini menjadikan pemilihan kepala daerah di Banyumas unik, karena pelaksanaan debat antar pasangan calon (Paslon) ditiadakan. 

Komisioner KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan, Sidiq Fathoni, menyatakan bahwa pada tahapan Pilkada kali ini memang tidak akan ada agenda debat Paslon. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kompetisi antar calon dalam Pilkada Banyumas tahun ini.

"Tidak ada debat Paslon, tapi nanti akan dijadwalkan untuk penyampaian visi misi," ujar Sidiq Fathoni.

BACA JUGA:Gelar Budaya jadi Cara Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Pilkada

Menurutnya, meskipun debat tidak akan dilakukan, penyampaian visi misi dan penajaman program tetap dijadwalkan. 

Acara ini diharapkan bisa memberi ruang bagi masyarakat untuk lebih memahami program-program yang akan dijalankan oleh pasangan Sadewo dan Lintarti jika terpilih. Pada agenda tersebut, panelis akan dihadirkan guna memperdalam visi misi yang disampaikan Paslon.

"Pada acara penyampaian visi misi akan dihadirkan panelis untuk penajaman," tambah Sidiq.

Pasangan Sadewo Tri Lastiono dan Dwi Asih Lintarti mendapatkan dukungan dari 12 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Banyumas Bersatu (KBB). 

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Purbalingga Dilantik, Target Rampungkan AKD Oktober Ini

Partai-partai tersebut meliputi PDI Perjuangan, PKB, PKS, PAN, PPP, Gerindra, Golkar, Demokrat, dan Nasdem, serta tiga partai non-parlemen yaitu Perindo, Partai Ummat, dan Partai Gelora. Dengan dukungan besar ini, pasangan Sadewo dan Lintarti akan maju tanpa lawan di Pilkada Banyumas.

Sadewo Tri Lastiono yang merupakan kader PDI Perjuangan sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Banyumas, mendampingi Ir Achmad Husein. 

Sementara Dwi Asih Lintarti adalah politisi berpengalaman dari PKB yang telah tiga periode menjadi anggota DPRD Banyumas. Maju sebagai calon wakil bupati, Lintarti harus mengundurkan diri dari jabatannya di DPRD sesuai aturan pencalonan.

Toni kembali menegaskan, saat ini masih dalam tahapan kampanye dan hari pemungutan suara akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: