Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic yang Jarang Diketahui

Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic yang Jarang Diketahui

Beberapa fungsi dari oli gardan untuk sepeda motor matic yang jarang diketahui dan harus pengguna pahami mulai sekarang. -Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Sepeda motor matic merupakan salah satu kendaraan yang paling sering ditemui di Indonesia. Selain karena harganya yang murah, biaya perawatan sepeda motor matic cenderung lebih terjangkau.

Di antara perawatan yang paling penting dilakukan untuk menjaga performa sepeda motor matic yakni service berkala dan penggantian oli secara rutin. Oli yang dimaksud di sini bukan hanya oli mesin, melainkan juga oli gardan.

Oli gardan merupakan salah satu bagian yang mempunyai peran vital dalam kerja sepeda motor matic. Oli gardan dirancang dalam fungsinya sebagai pelumas pada gigi belakang sepeda motor matic. 

Tentu saja, bagi sepeda motor matic peran oli gardan sangat penting untuk menjaga transmisi otomatis tetap optimal. Meskipun penting, namun fungsi vital oli gardan seringkali disepelekan oleh pengguna sepeda motor matic. 

Fungsi Penting Oli Gardan pada Motor Matic

Gardan merupakan komponen dari sepeda motor matic yang menjadi penghubung antara mesin dan roda belakang. Oleh sebab itu, pada dasarnya fungsi utama gardan adalah untuk melakukan tranfer tenaga.

BACA JUGA:Begini Spesifikasi Motor Matic Yamaha Nmax 2017 Milik Iwanuddin Iskandar PJ Bupati Banyumas yang Baru

BACA JUGA:Cicilan Kredit Murah Motor Matic Yamaha All New Aerox 155 Connected Aman Tanpa Riba, Mulai Rp900 Ribuan!

Tenaga yang berasal dari mesin ditransfer menuju roda belakang sehingga sepeda motor matic bisa berjalan. Selain itu, ternyata terdapat banyak fungsi oli gardan pada sepeda motor matic yang penting untuk diketahui.

Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari oli gardan untuk sepeda motor matic yang jarang diketahui dan harus pengguna pahami mulai sekarang.

1. Mendinginkan Komponen

Fungsi oli gardan yang pertama adalah untuk mendinginkan transmisi otomatis yang panas pada saat bekerja. Dalam fungsinya ini, oli gardan berperan untuk menyerap panas yang ditimbulkan dari transmisi otomatis sepeda motor matic.

BACA JUGA:Bingung Mau Pilih Honda Genio atau Honda Scoopy ? Simak Perbedaan dan Persamaan Kedua Motor Matic Tersebut

BACA JUGA:Harga Motor Matic Suzuki Nex II Mulai Rp 18 Jutaan, Cuma Beda Tipis Tapi Tetap Bikin Bingung Pilih yang Mana!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: