Lukisan Kuno Ditemukan di Tebing Sungai Pundung Banjarnegara

Lukisan Kuno Ditemukan di Tebing Sungai Pundung Banjarnegara

Seorang siswa Banjarnegara saat mengamati lukisan zaman purba atau Megalitikum yang berada di tebing sungai Pundung Gembongan. -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebuah peninggalan prasejarah berupa ukiran batu ditemukan di tebing Sungai Pundung, Desa Gembongan, BANJARNEGARA.

Ukiran bermotif figur ikan ini diyakini berasal dari zaman megalitikum, dan dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Watu Gunting atau Supit Urang.

Lukisan batu ini menjadi objek pembelajaran lapangan bagi siswa kelas XI 3 SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, yang mengikuti kegiatan Sejarah Tingkat Lanjut di bawah bimbingan guru sejarah mereka, Heni Purwono.

Dengan berjalan kaki sekitar 800 meter dari sekolah, para siswa mendatangi lokasi situs bersejarah ini untuk mempelajari langsung salah satu Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) di wilayah mereka.

BACA JUGA:Polisi Amankan 7 Remaja di Banjarnegara yang Konvoi Bawa Clurit, Diduga Hendak Tawuran

BACA JUGA:Hasil Undian Pilkada Banjarnegara, Bugar-Fahmi Nomor Urut 1, Amel-Gus Wakhid Nomor Urut 2

Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Banjarnegara, Aryadi Dewanto menjelaskan, lukisan batu tersebut memang bagian dari peninggalan zaman megalitikum.

“Lukisan ini diperkirakan menggambarkan figur ikan, yang cukup masuk akal karena lokasinya berada di tepi sungai. Ini adalah salah satu jejak kebudayaan kuno di daerah Banjarnegara,” jelas Aryadi.

Salah satu siswa, Cahyo Setyo Utomo mengaku, menikmati pembelajaran di luar kelas ini.

“Kami jadi tahu bahwa peninggalan zaman purba ternyata ada di sekitar kita. Belajar seperti ini jauh lebih menarik,” katanya. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: