Fungsi dan Prinsip Kerja Pengereman ABS Motor Matic

Fungsi dan Prinsip Kerja Pengereman ABS Motor Matic

Mengenai fungsi serta manfaat dan juga prinsip kerja teknologi pengereman ABS pada sepeda motor matic Anda.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Teknologi berkembang seiring berjalannya waktu, terutama pada sepeda motor matic. Untuk menunjang keselamatan penumpang, kini dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS motor matic.

Jika sepeda motor matic Anda tidak dilengkapi sistem ABS, pengereman mendadak secara alami dapat menyebabkan semua roda terkunci. Hal ini sontak membuat banyak pengemudi kesulitan mengendalikan kendaraannya.

Rem ini tidak hanya dapat digunakan pada kendaraan umum saja namun juga dapat digunakan pada kendaraan balap sehingga memudahkan pengemudi dalam mengontrol rem. 

Apa itu pengereman ABS?

Sebelum kita membahas lebih detail, ada baiknya kita mengetahui dulu apa maksudnya.

BACA JUGA:Kaki Rileks, Dompet Nggak Tekor! Harga Motor Matic Yamaha Nmax Cuma Rp 30 Jutaan

BACA JUGA:Cara Merawat Shockbreaker Motor Matic dan Biaya Servisnya

 

ABS, atau sistem pengereman anti-lock, adalah sistem pengereman yang mencegah roda kendaraan terkunci saat pengereman mendadak, sehingga menjamin keselamatan pengemudi.

Pengereman mendadak pada saat berkendara dengan kecepatan tinggi tentunya sangat berbahaya bagi pengemudi dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Awalnya sistem pengereman ini hanya digunakan pada pesawat terbang.

Namun, hampir semua kendaraan kini memiliki teknologi ini. Teknologi ABS sudah menjadi standar baru yang wajib dimiliki baik mobil maupun sepeda motor termasuk sepeda motor matic.

Fitur Teknologi Rem ABS

Sistem rem anti-lock (ABS) merupakan fitur keselamatan yang digunakan di hampir semua kendaraan modern. Fungsinya untuk menjaga kontak antara roda dan permukaan jalan pada saat pengemudi melakukan rem mendadak.

BACA JUGA:Gejala Kerusakan dan Cara Mengganti CDI Motor Matic Honda BeAT Karbu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: