Masih Dijumpai Pembalakan Liar Pohon Mangrove di Cilacap

Masih Dijumpai Pembalakan Liar Pohon Mangrove di Cilacap

ilustrasi mangrove di Kabupaten Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP tengah berupaya melakukan pelestarian tanaman mangrove di Segara Anakan, CILACAP.

Selain sebagai sabuk pelindung alami dari ancaman bencana abrasi dan tsunami, mangrove juga menjadi habitat bagi spesies ikan, kepiting, udang dan sebagain burung untuk bersarang. 

Namun, fenomena pembalakan liar mangrove masih dijumpai di wilayah Kabupaten Cilacap. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Cilacap, Indarto. 

Dikatakan Indarto, penemuan pembalak liar  berdasarkan hasil patroli bersama Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Cilacap dan Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA:Dua Kecamatan di Kabupaten Cilacap Mengalami Kekeringan Parah

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Persewaan Alat Berat di UPT Perbengkelan, Kejari Cilacap Tetapkan 2 Tersangka

"Beberapa waktu lalu kita melakukan patroli, dan menjumpai pencurian dan pembalakan liar hutan mangrove di sekitar perairan Cilacap khususnya oleh masyarakat setempat," katanya.

Indarto menjelaskan, pihaknya langsung memberikan peringatan tegas kepada pelaku agar tidak melakukan kejadian serupa di lain waktu.

Pihaknya juga melakukan upaya preventif lainnyaelalui pendekatan ke masyarakat setempat.

"Pelakunya ini masyarakat setempat, kami BAP dan mereka berjanji tidak akan mengulangi lagi, disaksikan oleh Rukun Nelayan, Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Perikanan, Babinsa dan pihak kelurahan setempat, kami harapkan tidak akan mengulangi perbuatannya," ujarnya. 

Dikatakan Indarto, saat ini Pemerintah Kabupaten Cilacap tengah berupaya dalam melakukan penanaman bibit pohon mangrove dan membentuk kelompok-kelompok masyarakat yang peduli lingkungan terutama mangrove.

"Upaya ini dilakukan untuk menjaga ekosistem. Kami juga terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait dengan kegiatan Sosialisasi Hukum dan Perundang-undangan Perikanan Tangkap. Diharapkan masyarakat Cilacap dapat lebih menjaga kelestarian pohon mangrove," ujar Indarto. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: