BPIP Gaungkan Pancasila di atas Geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992

BPIP Gaungkan Pancasila di atas Geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992

Penerimaan rombongan BPIP di Kapal dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.-Humas BPIP-

JAKARTA, RADARBANYUMAS.CO.ID – Dalam upaya memperkuat pemahaman dan penanaman nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda, khususnya Milenial dan Gen Z, Pemerintah Indonesia melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan sosialisasi Pancasila yang unik dan inspiratif di atas Geladak Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

Acara ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam peringatan 79 tahun kemerdekaan Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk dukungan penuh Pemerintah kepada seluruh komponen masyarakat dalam melaksanakan penguatan Pancasila.

Acara ini digagas oleh TNI Angkatan Laut (AL) dan Gerakan Nasional Penguatan Pancasila (GNPP) dengan tujuan mendekatkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda melalui pendekatan yang kreatif dan inovatif di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat.

Sosialisasi Pancasila di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, yang dikenal sebagai simbol kekuatan maritim Indonesia, menegaskan pentingnya peran Pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.

BACA JUGA:BPIP Apresiasi Dukungan Bank Mandiri untuk Paskibraka 2024

BACA JUGA:BPIP Pastikan Paskibraka 2024 Tampil Prima di IKN Nusantara

Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk menjaga dan memperkuat ideologi negara di seluruh wilayah Indonesia, baik di darat maupun di laut.

"Saat ini, kita berdiri di atas kapal rumah sakit pertama karya PT PAL Indonesia yang merupakan karya anak bangsa. Penamaan kapal ini adalah bentuk penghormatan kepada Dr. Radjiman Wedyodiningrat, seorang tokoh penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, yang dinamai sesuai dengan nama tokoh pejuang kemerdekaan dan Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), dipilih sebagai lokasi sosialisasi Pancasila ini untuk mempertegas identitas Indonesia sebagai negara maritim.

Kapal ini tidak hanya memainkan peran penting dalam misi kemanusiaan, seperti dukungan medis untuk kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dan pengiriman bantuan logistik serta fasilitas kesehatan ke Jalur Gaza Palestina, tetapi juga menjadi simbol ketangguhan Indonesia di laut.

BACA JUGA:Soal Isu Pakaian Dinas Upacara Paskibraka, BPIP: Tidak Ada Pemaksaan Lepas Hijab

BACA JUGA:Ciptakan Produk Hukum Daerah Berbasis Pancasila, BPIP dan Undip Luncurkan Laraskumda di Klaten

Dengan latar belakang lautan yang luas, kegiatan ini diharapkan mampu menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa.

"Penguatan nilai-nilai Pancasila bagi Milenial dan Gen Z di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 adalah simbol dari upaya kami untuk menjaga dan memperkuat ideologi negara, baik di darat maupun di laut," tambah Yudian Wahyudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: