BPIP Gaungkan Pancasila di atas Geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992

BPIP Gaungkan Pancasila di atas Geladak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992

Penerimaan rombongan BPIP di Kapal dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.-Humas BPIP-

Mengutip arahan Presiden Joko Widodo pada Presidential Lecture tahun 2019, Yudian Wahyudi menekankan pentingnya penguatan Pancasila pada generasi muda.

"129 juta anak-anak muda, itu hampir 48 persen, kalau ini tidak mengerti masalah ideologi, tidak mengerti masalah Pancasila, berbahaya negara ini," ujarnya, mengulang pernyataan Presiden.

BACA JUGA:Kepala BPIP Sambut Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kaltim

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke Ibu Kota Nusantara

Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya berfokus pada ceramah atau pidato, tetapi juga melibatkan serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif, seperti talk show kebangsaan, Deklarasi Gerakan Nasional Penguatan Pancasila, pembacaan ikrar Pancasila, serta kegiatan interaktif lainnya yang mengangkat tema ke-Pancasila-an.

Para peserta, yang berjumlah sekitar 1.000 orang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan pemuda dari berbagai komunitas dan organisasi kepemudaan, berkesempatan untuk berdialog langsung dengan narasumber yang berbagi pandangan tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, para peserta juga diajak untuk mengikuti ship tour dan joy sailing di sekitar perairan Tanjung Priok. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya Pancasila, tetapi juga menghargai peran strategis Indonesia sebagai negara maritim yang besar.

Di tengah era yang serba cepat dan penuh perubahan, peran Milenial dan Gen Z sangat krusial dalam menjaga jati diri bangsa. Sebagai generasi yang tumbuh dengan teknologi, mereka adalah penggerak utama dalam membentuk masa depan Indonesia. Namun, di tengah derasnya arus informasi global, Pancasila tetap menjadi panduan utama dalam menghadapi berbagai tantangan zaman.

BACA JUGA:Sejarah Terulang Setelah 56 Tahun, Ini Dasar Hukum Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih oleh BPIP

BACA JUGA:Hadiri Rapat Kerja dan RDP, Komisi II DPR RI Apresiasi dan Dorong Perkuat Kelembagaan BPIP

Acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada para peserta tentang peran BPIP dalam menguatkan pembinaan ideologi Pancasila serta peran TNI AL dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia.

Dengan penguatan ideologi Pancasila ini, diharapkan Indonesia mampu mencapai visi Indonesia Emas 2045, dengan generasi muda yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Pancasila bukan sekadar dasar negara, tetapi merupakan perekat bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya dalam menghadapi tantangan globalisasi dan menjaga identitas serta nilai-nilai luhur bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: