Tanda-tanda saat Saringan Udara Motor Matic Kotor serta Dampak dan Tips Mengatasinya

Tanda-tanda saat Saringan Udara Motor Matic Kotor serta Dampak dan Tips Mengatasinya

Beberapa tanda-tanda serta dampak dan juga tips yang bisa Anda lakukan saat saringan atau filter udara motor matic Anda kotor.-Fahma Ardiana-

Untuk mencegah masalah pada filter udara kotor dan memperpanjang umurnya, penting untuk merawat komponen filter motor matic dengan baik. Berikut adalah beberapa tip perawatannya:

1. Periksa kondisi filter udara secara berkala

Periksa filter udara motor matic secara teratur untuk memastikan tidak ada kotoran yang menumpuk atau kerusakan pada filter.

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Matic yang Tiba-Tiba Mati

BACA JUGA:Simak Nih! Perbandingan Motor Matic Nmax Turbo dan Honda ADV 160

Jika Anda melihat ada tanda-tanda kerusakan atau penumpukan kotoran, solusinya adalah dengan membersihkan atau mengganti filter.

2. Bersihkan secara berkala

Jika tingkat kontaminasi masih dapat dihilangkan, pembersihan rutin adalah solusinya. Anda dapat menggunakan kompresor udara atau penyemprot udara untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

3. Ganti filter secara berkala

Tip perawatan terakhir adalah mengganti komponen filter Udara motor matic secara teratur sesuai dengan interval yang direkomendasikan pabrikan. Jika Anda masih ragu bisa langsung datang ke bengkel mekanik.

Namun, secara umum disarankan untuk mengganti filter pada motor matic setiap 12.000 hingga 15.000 km atau setiap 12 hingga 15 bulan sekali.

Jika dirawat dengan baik, filter udara kendaraan Anda akan bertahan lama dan tidak perlu sering diganti. 

Menjaga kebersihan filter udara akan membantu menjaga performa mesin tetap optimal dan mencegah kerusakan pada komponen lainnya. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: