6.798 KK di Kabupaten Cilacap Dapat Bantuan Pangan

6.798 KK di Kabupaten Cilacap Dapat Bantuan Pangan

Pj Bupati Cilacap saat memberikan bantuan pangan.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 6.798 kepala keluarga di Kabupaten Cilacap mendapatkan bantuan pangan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas). Bantuan tersebut ditujukan untuk mengendalikan kerawanan pangan di sejumlah provinsi.

Adapun bantuan pangan yang diberikan ersebut berupa bahan pangan segar maupun olahan, seperti sarden, kornet sapi, kacang hijau, bihun jagung, minyak goreng, dan garam beryodium. 

Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri mengatakan, saat ini prevalensi ketidakcukupan kekurangan pangan atau prevalence of undernourishment (PoU) di Kabupaten Cilacap masih banyak.

"Masih ada 12,9 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Cilacap dengan estimasi jumlah penduduk 2 juta 20 ribu jiwa," katanya.

BACA JUGA:Aksi Penyelundupan 16 Ribu Ekor Baby Lobster ke Luar Cilacap Berhasil Digagalkan, Kerugian Capai Rp 1,6 Miliar

BACA JUGA:Masuk Musim Kemarau, Wilayah Cilacap Masih Diguyur Hujan

Dikatakan Awaluddin, melalui kegiatan intervensi pengendalian kerawanan pangan ini. Dia nilai sangat penting dalam menurunkan jumlah warga yang masuk dalam kategori undernourished. 

Sementara itu Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, Kabupaten Cilacap merupakan daerah dengan jumlah penerima bantuan terbanyak di Jawa Tengah. 

"Saat ini, penyaluran bantuan sedang berlangsung untuk 22 juta keluarga penerima manfaat di 68 kabupaten/kota yang rentan terhadap kerawanan pangan, terutama di wilayah Indonesia Timur," katanya.

Arief mengatakan, paket bantuan tersebut diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga dan mendorong penguatan ketahanan pangan di masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan kerawanan pangan dan mendukung Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: