Waspadai!! 8 Penyebab Motor Matic Mogok Saat Terkena Hujan

Waspadai!! 8 Penyebab Motor Matic Mogok Saat Terkena Hujan

Waspadai!! 8 Penyebab Motor Matic Mogok Saat Terkena Hujan-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab motor matic mogok saat terkena hujan, merupakan kompleks dan bervariasi, tergantung pada kondisi dan situasi.

Hujan deras menjadi momok tersendiri bagi pengendara motor matic. Tak jarang motor matic mogok saat hujan, membuat pengendara ter stranded di pinggir jalan.

Kondisi ini tentu merepotkan dan bisa membahayakan keselamatan. Untuk memahami mengapa motor matic mogor saat hujan, kita perlu mengetahui beberapa komponen vital yang rentan terhadap air.



Sistem pengapian, kelistrikan, dan saluran udara adalah beberapa biang keladi yang membuat motor matic ogah hidup. Berikut 8 penyebab motor matic mogok saat terkena hujan:

1. Gangguan pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian merupakan jantung dari operasional mesin motor matic. Fungsinya adalah menghasilkan percikan api, untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.

BACA JUGA:SIMAK! 7 Manfaat Memanaskan Mesin Motor Matic Sebelum Berkendara

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Bahaya Tersembunyi di Balik Ban Motor Matic yang Tidak Sesuai Ukuran

Sistem pengapian terdiri dari beberapa komponen, yaitu busi, koil pengapian, dan kabel busi. Masalah muncul saat komponen-komponen tersebut kemasukan air hujan.

Air yang menempel pada busi, koil pengapian, atau kabel busi bisa mengganggu aliran listrik. Akibatnya, tidak ada percikan api yang dihasilkan, sehingga mesin tidak dapat hidup.

2. Saringan Udara Basah

Saringan udara memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mesin motor matic.  Fungsinya adalah menyaring debu dan kotoran, agar tidak ikut terhisap ke ruang bakar.

Saat hujan deras, air bisa masuk ke dalam box filter udara dan membasahi saringan udara. Saringan udara yang basah akan menghambat aliran udara yang masuk ke ruang bakar.

BACA JUGA:Yuk Simak! Penyebab Shockbreaker Motor Matic Menjadi Keras, Ancaman Kenyamanan dan Keselamatan Berkendara

BACA JUGA:KEREN!! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Aerox 155, Raja Jalanan yang Stylish dan Cerdas

Akibatnya, proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Hal ini dapat menyebabkan mesin motor matic tersedak dan mati.

3. Knalpot Kemasukan Air

Knalpot berfungsi sebagai tempat pembuangan gas sisa hasil pembakaran mesin. Nah kalau knalpot sampai kemasukan air, efeknya bisa langsung membuat motor matic mogok.

Air yang terperangkap di dalam knalpot dapat menghalangi laju gas buang yang keluar. Akibatnya, mesin tidak bisa mengeluarkan gas sisa pembakaran secara normal, mesin pun bisa mati mendadak.

4. Kopling Centrifugal Basah

Motor matic menggunakan kopling sentrifugal untuk meneruskan tenaga mesin ke roda. Kopling sentrifugal bekerja memanfaatkan gaya sentrifugal dari putaran mesin.

BACA JUGA:Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Cocok untuk Ibu-Ibu, Nyaman, Aman, dan Bergaya

Masalah muncul ketika kampas kopling menjadi basah akibat terkena air hujan. Kondisi ini membuat cengkeraman antara kampas kopling dengan rumah CVT berkurang.  

Alhasil, tenaga mesin tidak bisa tersalurkan dengan baik ke roda, sehingga mesin terasa slip atau bahkan motor matic mogok sama sekali.

5. Aki Bermasalah

Aki yang lemah atau soak  dapat membuat motor matic mogok, terutama saat mesin harus bekerja ekstra seperti ketika hujan deras. Sistem kelistrikan motor matic membutuhkan aki yang kuat untuk menyalakan lampu, klakson, dan komponen kelistrikan lainnya.

Ketika aki soak, komponen kelistrikan tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup.  Hal ini bisa membuat sistem pengapian menjadi terganggu, sehingga motor matic mogok.

6. Busi Kotor atau Rusak

Selain basah akibat kemasukan air, busi yang kotor atau rusak juga bisa menjadi penyebab motor matic mogok saat hujan.

BACA JUGA:7 Fitur Canggih yang Dimiliki Motor Matic Honda Navi, Skutik Bergaya Sport

BACA JUGA:7 Alasan yang Menyebabkan Ban Motor Matic Sering Bocor

Busi yang kotor atau aus, tidak bisa menghasilkan percikan api yang optimal untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Akibatnya, mesin motor matic bisa mengalami kesulitan untuk hidup.

7. Kabel Kelistrikan Bermasalah

Kabel kelistrikan yang terkelupas atau putus akibat terkena air hujan, bisa menyebabkan korsleting. Korsleting ini dapat mengganggu aliran listrik pada sistem pengapian atau komponen kelistrikan lainnya, akibatnya motor matic bisa mogok dan tidak bisa dihidupkan.

8. Mesin Kemasukan Air

Jika nekat menerjang banjir atau genangan air yang dalam, akibat terburuknya adalah air bisa masuk ke dalam mesin. Air yang bercampur dengan oli mesin dapat merusak komponen internal mesin seperti piston, ring piston, dan bantalan poros engkol.  

Kerusakan parah ini dapat menyebabkan motor matic mogok secara permanen, dan membutuhkan perbaikan besar-besaran.

BACA JUGA:HEBOH!! Motor Matic Nmax Turbo Sebagai Ancaman Serius Untuk PCX 160

BACA JUGA:KEREN ABIS! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Yamaha NMAX Terbaru, yang Bikin Kamu Kagum

Mengetahui penyebab motor matic mogok saat terkena hujan sangatlah penting, terutama bagi pengendara yang sering bepergian di musim hujan.  Dengan memahami tips-tips di atas, Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman meskipun cuaca sedang hujan. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: